Nur’aini (2022) Hubungan Dukungan Orangtua dan Konsep Diri dengan Kepercayaan Diri Siswa. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 5 (1). pp. 56-62. ISSN 2622-3740 (Online)
Article.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan dukungan orangtua dan konsep diri terhadap kepercayaan diri. Metode penelitian adalah kuantitatif jenis deskriptif korelatif. Populasi penelitian adalah siswa kelas XII SMA Negeri 1 Habinsaran. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Proportional Random Sampling dengan jumlah sampel terpilih sebanyak 57 orang. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa (1) ada hubungan yang signifikan antara dukungan orangtua dengan kepercayaan diri siswa yang ditunjukkan oleh koefisien rx1y = 0,352 dan p = 0,001 yaitu p < 0,05 ; (2) ada hubungan yang signifikan konsep diri siswa dengan kepercayaan diri siswa, yang ditunjukkan oleh koefisien rx2y = 0,177 dan p = 0,008 yaitu p<0,05 ; (3) ada hubungan yang signifikan dukungan orangtua dan konsep diri siswa dengan kepercayaan diri siswa yang ditunjukkan oleh koefisien F = 4,311 dan R (koefisien regresi) = 0,371 sedangkan R2 = 0,138 dengan p < 0,05 dan Std. Error of the Estimate 12,25409 sehingga kesimpulannya menghasilkan hubungan positif signifikan antara ketiga variabel yang dianalisis.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | dukungan orangtua; konsep diri; kepercayaan diri siswa |
Subjects: | H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ503 The family. Marriage. Home > HQ755.7 Parents. Parenthood L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 09 Sep 2022 10:21 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 10:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47751 |