PENINGKATAN PENGUASAAN TATABAHASA JERMAN MELALUI POLA LATIHAN ANALISIS KESALAHAN

Perdamean, Ahmad Sahat (2010) PENINGKATAN PENGUASAAN TATABAHASA JERMAN MELALUI POLA LATIHAN ANALISIS KESALAHAN. Jurnal Bahas, 20 (03). ISSN 0852-8535

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ialah untuk mengetahui peningkatan penguasaan mahasiswa atas Tatabahasa Jerman I (Strukturen I). Untuk mencapai tujuan diterapkan penelitian tindakan kelas (classroom-action-research). Subjek penelitian berjumlah 24 orang mahasiswa. Data kemampuan dijaring melalui tes, sedangkan persepsi mahasiswa dijaring melalui angket dan wawancara. Hasil pengembangan menunjukkan, bahwa pola latihan analisis kesalahan dapat meningkatkan penguasaan mahasiswa atas Tatabahasa Jerman I. Hasil tes kemampuan awal menunjukkan skor rata-rata ialah 4,1. Setelah tindakan dilakukan pada Siklus I skor rata-rata naik menjadi 42,1 dan setelah Siklus II skor rata-rata menjadi 74,1. Implikasi dari pengembangan ini adalah pola latihan analisis kesalahan dapat digunakan untuk mengajarkan Tatabahasa Jerman

Item Type: Article
Keywords: Analisis kesalahan; Tatabahasa Jerman
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar
P Language and Literature > PD Germanic languages
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 25 Apr 2016 06:24
Last Modified: 25 Apr 2016 06:24
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/477

Actions (login required)

View Item
View Item