Nur’aini (2014) PERANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH DALAM MENGATASI MASALAH PENYESUAIAN DIRI KOMUNITAS REMAJA MINORITAS SUKU PUNJAB DI KOTA MEDAN. In: International Counseling Conference and Work, 13-15 Sep 2014, Medan.
Fulltext.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
Abstract
Suku Punjab sebagai etnik minoritas di Kota Medan, terkesan tidak mudah untuk menyesuaikan diri pada lingkungan di luar etniknya, akibat kecenderungan mereka untuk tetap mempertahankan budaya dan agama yang berlaku di lingkungan komunitasnya. Kondisi permasalahan penyesuaian diri ini karena ketidakmampuan mereka menghadapi realita bahwa keadaan fisik membuat mereka menerima perlakuan yang tidak menyenangkan dari etnik lain, pergaulan dengan teman sebaya yang terbatas, kurangnya partisipasi dalam kegiatan di sekolah, hal ini disebabkan karena larangan orangtua untuk membatasi bergaul dengan etnik lain, serta peraturan-peraturan yang beralu dalam ajaran agama yang mereka yakini, keadaan ini dapat diatasi dengan kegiatan layanan bimbingan dan konseling di sekolah. Layanan bimbingan dan konseling di sekolah dilakukan untuk membantu perkembangan peserta didik dalam mengembangkan potensi yang ada pada dirinya, serta dapat mengatasi permasalahan yang dialami peserta didik dan bagi sekolah secara keseluruhan. Hal ini dapat dilakukan secara perorangan maupun kelompok, agar mandiri dan dapat berkembang secara optimal melalui berbagi jenis layanan dan kegiatan pendukung serta menggunakan teori yang ada sesuai dengan keadaan peserta didik berdasarkan norma yang berlaku.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Keywords: | Suku Punjab; Etnik Minoritas; Agama |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF173 Psychoanalysis B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF636 Applied psychology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 10 Jun 2016 04:56 |
Last Modified: | 10 Jun 2016 04:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4766 |