Syafitri, Aidilia (2021) Kompetensi Guru Pendidikan Jasmani Tingkat Sekolah Menengah Atas Se Kota Binjai Tahun 2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 6173311004 COVER.pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
2. NIM. 6173311004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (915kB) | Preview
3. NIM. 6173311004 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (294kB) | Preview
4. NIM. 6173311004 PREFACE.pdf - Published Version
Download (820kB) | Preview
5. NIM. 6173311004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (549kB) | Preview
6. NIM. 6173311004 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
7. NIM. 6173311004 APPENDIX LIST.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
8. NIM. 6173311004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
12. NIM. 6173311004 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (343kB) | Preview
13. NIM. 6173311004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (822kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi guru pendidikan jasmani SMA Negeri se-Kota Binjai Tahun 2021. Kompetensi Guru Pendidikan Jasmani dilihat dari empat kompetensi yaitu kepribadian, paedagogik, profesional , dan sosial. Penelitian ini dilakukan terhadap 21 Guru Pendidikan Jasmani yang mengajar di 7 SMA Negeri se-Kota Binjai. Sampel penelitian dilakukan dengan teknik total sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dekriptif. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah angket bentuk tertutup dengan empat pilihan jawaban. Kompetensi guru dilihat dari aspek kepribadian adalah sangat baik dengan persentase skor kepribadian 90,20% yaitu bertakwa, menghormati agama lain, berperlaku yang baik, sopan santun, dan demokratis. Kompetensi guru dilihat aspek paedaogik adalah baik dengan persentase skor jawaban 82,29% yakni guru memberikan bimbingan, bersikap sabar dalam memberikan pendidikan, dan menunjukkan rasa suka cita kepada siswa. Kompetensi guru ditinjau dari aspek profesional adalah baik dengan persentase 83,86% responden menerapkan kedelapan prediktor kompetensi professional keguruan (kemampuan untuk menguasai landasan kependidikan, pemahaman dalam bidang psikologi pendidikan, kemampuan dalam penguasaan materi pelajaran, kemampuan dalam mengaplikasikan berbagai metodologi, kemampuan merancang pelajaran, kemampuan melaksanakan evaluasi pembelajaran, kemampuan dalam menyusun program pembelajaran, kemampuan melaksanakan unsur penunjang, dan memiliki cara bepikir ilmiah). Kompetensi Guru dilihat dari aspek sosial adalah baik dengan persentase skor jawaban 75,559%. Secara umum guru aktif dalam aktivitas sosial, baik dengan teman sejawat maupun dengan masyarakat di lingkungannya. Kompetensi guru Pendidikan Jasmani Tingkat Sekolah Menengah Atas Negeri se-Kota Binjai Tahun Pelajaran 2021 adalah baik dengan persentase 82,87, yakni menerapkan keempat kompetensi yaitu kompetensi kepribadian, paedagogik, profesional dan sosial.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-PJKR-019 |
Keywords: | Kompetensi Guru Pendidikan Jasmani |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV201 Physical education and training G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV201 Physical education and training > GV346 School and college athletics. Intramural and interscholastic athletics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 04 Oct 2022 02:29 |
Last Modified: | 04 Oct 2022 02:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47650 |