TAMPUBOLON, HENNY PUTRI DEWI (2021) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEARSIPAN KELAS X SMK SWASTA JAMBI MEDAN T.A 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 7163344017 COVER.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
2. NIM 7163344017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (404kB) | Preview
3. NIM 7163344017 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
4. NIM 7163344017 ACKNOWLEDGEMENTS.pdf - Published Version
Download (321kB) | Preview
5. NIM 7163344017 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
6. NIM 7163344017 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM 7163344017 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
8. NIM 7163344017 LIST OF APPENDIX.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
9. NIM 7163344017 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (358kB) | Preview
13. NIM 7163344017 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
14. NIM 7163344017 REFREENCES.pdf - Published Version
Download (94kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Media Pembelajaran dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar secara parsial dan simultan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya Media Pembelajaran dan Motivasi Belajar.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Jambi Medan Jalan Pertiwi No 116 Medan Tembung, yang dilaksanakan pada semester ganjil T.A 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X OTKP SMK Swasta Jambi berjumlah 68 orang. Untuk menentukan sampel digunakan teknik simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 68 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan angket. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda dan untuk membuktikan kebenaran hipotesis digunakan rumus Uji t dan Uji F.
Dari hasil analisis uji t untuk variabel Media Pembelajaran diperoleh nilai thitung>ttabel (5,124 i> i1.729) pada taraf signifikansi 0,05 atau sig i0,00 i< i0,05. Hal media belajar memiliki pengaruh yang positif dan signifikansi terhadap hasil belajar siswa. Untuk variabel motivasi belajar thitung>ttabel (1.967 i> i1.729) pada taraf signifikansi 0.05 atau sig i0,053 i< i0,05. Hal ini berarti motivasi belajar memiliki pengaruh yang positif dan signifikansi terhadap hasil belajar siswa. Dari hasil uji F diperoleh fhitung > ftabel sebesar (13.566 i> i3,19) pada taraf signifikansi = 5% atau 0,000<0,05. Dengan nilai R square (R) sebesar 61,9 %. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media belajar (X1) dan motivasi belajar (X2) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa (Y).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Belajar, Motivasi Belajar, Hasil Belajar. |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 25 Aug 2022 00:55 |
Last Modified: | 25 Aug 2022 00:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47605 |