Tarigan, Elsa Febrina (2022) Pengembangan E-Modul Inovatif Berbasis KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia) Pembelajaran Kimia Non Logam Pada Materi Oksigen dan Sulfur. Masters thesis, UNIMED.
1. 8206141003 COVER.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
2. 8206141003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (504kB) | Preview
3. 8206141003 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
4. 8206141003 PREFACE.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
5. 8206141003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
6. 8206141003 TABLES.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
7. 8206141003 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
8. 8206141003 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
9. 8206141003 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
13. 8206141003 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
14. 8206141003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
Abstract
Pembelajaran saat ini memerlukan suatu inovasi bahan ajar yang inovatif untuk mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) analisis kebutuhan e-modul inovatif berbasis KKNI pada pembelajaran kimia non logam pada materi oksigen dan sulfur, (2) kelayakan e-modul berdasarkan BSNP, (3) ada peningkatan hasil belajar mahasiswa, (4) hasil belajar mahasiswa memenuhi standar kompetensi minimal, serta (5) respon mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang meliputi: tahap (1) Analisis kebutuhan meliputi analisis kurikulum, bahan ajar dan media pembelajaran, tahap (2) Pengembangan e-modul inovatif berbasis KKNI untuk pembelajaran kimia anorganik pada materi oksigen dan sulfur menggunakan software flip pdf professional yang dapat diakses melalui link e-modul, tahap (3) Standarisasi e-modul inovatif berbasis KKNI sesuai BSNP dan kelayakan oleh validator ahli materi dan media, tahap (4) Implementasi pada mahasiswa Prodi Kimia, (5) Evaluasi seluruh kegiatan meliputi analisis data instrumen standarisasi e-modul, instrumen tes, pretest, posttest dan angket respon mahasiswa. Sampel dalam penelitian ini mahasiswa Prodi Kimia UNIMED angkatan 2020 berjumlah 31 orang. Instrumen penelitian berupa lembar penilaian BSNP, soal tes objektif yang telah valid dan angket respon mahasiswa. Hasil penelitian diperoleh bahwa e-modul inovatif berbasis KKNI hasil pengembangan layak digunakan berdasarkan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) dengan perolehan rata-rata keseluruhan sebesar 3,56. Peningkatan hasil belajar mahasiswa setelah menggunakan e-modul inovatif berbasis KKNI telah mencapai kriteria N- gain tinggi dengan perolehan nilai sebesar 0,74. Hasil belajar mahasiswa memenuhi standar kompetensi minimal, dan Respon mahasiswa terhadap e-modul inovatif berbasis KKNI dikategorikan baik sekali dengan rata-rata 89,04%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 546.707 2 |
Keywords: | E-modul; Bahan Ajar Inovatif; KKNI; Pembelajaran Anorganik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QD Chemistry Q Science > QD Chemistry > QD146 Inorganic chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 22 Aug 2022 09:57 |
Last Modified: | 22 Aug 2022 09:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47555 |