Santi, Ella Laras (2022) Pengembangan Tes Kemampuan HOTS Berbasis Realistic Mathematic Education (RME) Berbantuan Google Form Siswa Kelas IV SD Negeri 101999 Silinda. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8186182003 COVER.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
2. NIM. 8186182003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (447kB) | Preview
3. NIM. 8186182003 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
4. NIM. 8186182003 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
5. NIM. 8186182003 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
6. NIM. 8186182003 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
7. NIM. 8186182003 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM. 8186182003 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9. NIM. 8186182003 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (442kB) | Preview
13. NIM. 8186182003 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
14. NIM. 8186182003 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (411kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, mendeskripsikan peningkatan kemampuan HOTS siswa dengan berbantuan Google Form, dan menemukan tes kemampuan HOTS yang berkualitas berbasis Realistic Mathematic Education (RME) yang berkualitas berbantuan Google Form pada materi pecahanSubyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD tahun ajaran 2021/2022. Pada kelas IV SD Negeri 101999 Silinda sebanyak 30 orang siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan Borg dan Gall. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan tes. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan HOTS siswa mengalami peningkatan dari hasil uji coba lapangan I hasil yang didapar sebesar 37 berkategori cukup, meningkat pada uji coba lapangan II sebesar 54 berkategori tinggi. Nilai yang didapat sesuai dengan PAP yang telah dirancang. Baiknya sebuah instrument yang dikembangkan dilihat dari hasil validitas, reliabilitas, kepraktisan serta efektivitas. Dari hasil penelitian Tes yang telah dikembangkan dikatakan valid karena hasil yang diperoleh lebih dari 61% yaitu dengan nilai rata-rata sebesar 0,88 dengan persentase 88% dan memiliki reliabilitas sebesar 0,75 dengan interpretasi tinggi, kepraktisan yang didapat sebesar 4,6 berkategori sangat praktis sesuai dengan kriteria yang telah dibuat jika tes yang dibuat berkatehori sangat praktis maka artinya tes HOTS Matematika sangat mudah digunakan dan keefektifan sebesar 3,59 yaitu efektif sesuai dengan kriteria yang telah dibuat artinya Tes sangat mampu menghasilkan peningkatan aktivitas, respon dan hasil belajar peserta didik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.7 San p |
Keywords: | Pengembangan Tes Kemampuan HOTS; Realistic Mathematic Education (RME) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 22 Aug 2022 09:17 |
Last Modified: | 22 Aug 2022 09:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47551 |