Pulungan, Khairun Nisa (2022) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Aplikasi Smartphone Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kemandirian Belajar Siswa di SMAS Nurul Amaliyah. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8196171002 COVER.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
2. NIM 8196171002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
3. NIM 8196171002 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
4. NIM 8196171002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
5. NIM 8196171002 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
6. NIM 8196171002 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
7. NIM 8196171002 LIST OF PICTURES.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
8. NIM 8196171002 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
9. NIM 8196171002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (455kB) | Preview
13. NIM 8196171002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
14. NIM 8196171002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Kevalidan, Kepraktisan, dan
Keefektifan Perangkat Pembelajaran berbasis aplikasi Smartphone dalam
pembelajaran matematika pada pokok bahasan Matriks; 2) Peningkatan hasil belajar
siswa pada pokok bahasan Matriks setelah menggunakan perangkat pembelajaran
yang dikembangkan 3) Peningkatan kemandirian belajar siswa pada pokok bahasan
Matriks setelah menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4D
yang di laksanakan dikelas XI IPA SMA S Nurul Amaliyah Tanjung Morawa. Dari
hasil uji coba I dan uji coba II diperoleh: 1) Perangkat Pembelajaran Berbasis
Aplikasi Smartphone untuk meningkatkan Hasil Belajar dan Kemandirian Belajar
sudah Valid, Praktis, dan Efektif. 2) Pada uji coba I dan II terjadi peningkatan hasil
belajar dari skor rata rata sebesar 60 meningkat menjadi skor rata rata 78,7. 3) Pada
uji coba I dan II terjadi peningkatan kemandirian belajar yaitu sebesar 3,36 pada uji
coba I meningkat pada Uji coba II menjadi 3,9. Dengan demikian, Pengembangan
Perangkat pembelajaran berbasis aplikasi Smartphone dapat meningkatkan Hasil
Belajar dan Kemandirian belajar siswa di Kelas XI IPA SMAS Nurul Amaliyah
Tanjung Morawa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.3 Pul p |
Keywords: | Pengembangan Perangkat Pembelajaran; Pengembangan Aplikasi Smartphone; Model 4D; Hasil Belajar; Kemandirian Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 22 Aug 2022 08:38 |
Last Modified: | 22 Aug 2022 08:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47548 |