Harianja, Andryan Parlam (2022) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN “TCODE” (TGT BERBASIS QR-CODE) DAN PERAN LITERASI DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X IPS SMA N 1 TUKKA KAB. TAPANULI TENGAH TP. 2021/ 2022. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8206165001 COVER.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
2. NIM. 8206165001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
3. NIM. 8206165001 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
4. NIM. 8206165001 PREFACE.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
5. NIM. 8206165001 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
6. NIM. 8206165001 TABELS.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
7. NIM. 8206165001 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
8. NIM. 8206165001 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
9. NIM. 8206165001 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (626kB) | Preview
13. NIM. 8206165001 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
14. NIM. 8206165001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (326kB) | Preview
Abstract
Latar belakang penelitian berikut sebab rendahnya hasil belajar ekonomi siswa dikelas X IPS SMA N 1 Tukka Kab. Tapanuli Tengah. Sehingga Tujuan penelitian untuk mengembangkan model pembelajaran yang inovatif dengan jenis penelitian pengembangan ADDIE untuk mendapatkan produk model pembelajaran TCODE (Teams Game Tournament berbasis Qr-Code) dan peran literasi digital guna peningkatan hasil belajar ekonomi siswa. Dari hasil validasi ahli model pembelajaran diperoleh persentase penilaian sebesar 92,5%, validasi ahli media 87,5%, dan validasi ahli materi 90%. Sehingga disimpulkan bahwa model yang dikembangkan layak digunakan. Dari perhitungan uji t-tes menggunakan SPSS diketahui bahwa nilai sig (2 tailed) 0,004 < 0,05, maka terdapat perbedaan signifikan diantara hasil belajar kelas A dan B, dimana pada siswa dikelas eksperimen (IPS-A) lebih tinggi 10% dengan rata-rata nilai 82,94 dan mencapai nilai KKM yakni 75, dibanding kelas kontrol (IPS-B) memakai metode pembelajaran konvensional memiliki nilai 73,82 serta belum mencapai nilai KKM. Maka, disimpulkan bahwa model pembelajaran TCODE efektif digunakan. Berikutnya hasil perhitungan Anova 2 jalur dengan menggunakan SPSS diketahui nilai sig 0,00 < 0,05, kesimpulannya jika ada interaksi antara model pembelajaran dengan literasi digital untuk meningkatkan hasil belajar ekonomi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 330.72 Har p |
Keywords: | TCODE; Literasi Digital; Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD72 Economic growth, development, planning L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 19 Aug 2022 05:21 |
Last Modified: | 19 Aug 2022 05:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47491 |