Purba, Sukarman and Revida, Erika and Batubara, Alwi Hashim (2013) MODEL PENGEMBANGAN STANDAR PELAYANAN MINIMAL DI SUMATERA UTARA (STUDI PADA TIGA KABUPATEN). In: Prosiding Hasil-hasil Penelitian.
Fulltext.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
Abstract
Tujuan daripada penelitian tahun ke-1 ini adalah ingin mengetahui dan menganalisis Model Standar Pelayanan Minimal yang dilakukan selama ini, Persepsi masyarakat terhadap Model Standar Pelayanan Minimal yang dapat dilakukan di Sumatera Utara (Kabupaten Serdang Bedagai, Kabupaten Simalungun dan Kabupaten Toba Samosir). Metode penelitian yang digunakan adalah gabungan penelitian kualitatif dan kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah adalah masyarakat yang pernah meminta layanan di Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil di Kabupaten Serdang Bedagai, Simalungun dan Toba Samosir mulai bulan Juni hingga Agustus 2012. Teknik analisis data kualitatif yang digunakandalam penelitian adalah organisasi data. Reduksi data dan interpretasi data serta analisis data kualitatif yang digunakan adalah dengan statistik deskriptif dengan tabel tunggal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Model Standar Pelayanan Minimal yang dilaksanakan di tiga kabupaten yaitu Kabupaten Serdang Bedagai, Simalungun dan Toba Samosir masih menggunakan Model SPM yang terpusat (nasional). Persepsi masyarakat terhadap model SPM pada umumnya bersifat positif terhadap Model SPM yang berbasis kebutuhan/keinginan masyarakat berbasis partisipasi masyarakat.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Keywords: | Standar pelayanan minimal; Pelayanan masyarakat; Kualitas pelayanan masyarakat |
Subjects: | J Political Science > JF Political institutions (General) > JF1338 Public administration > JF1501 Civil service |
Divisions: | Program Pasca Sarjana |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 01 Jun 2016 08:56 |
Last Modified: | 31 Aug 2016 04:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4746 |