Syahputra, Edi (2013) PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN KREATIVITAS SISWA DALAM PENDIDIKAN MATEMATIKA. In: Seminar Nasional Matematika dan Terapan (SiManTap) ke-4, 28-29 Nov 2013, Banda Aceh.
Fulltext.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
Abstract
Proses pembelajaran matematik secara konvensional yang lazim dilakukan di sekolah-sekolah saat ini cendrung berpola mekanis. Akibatnya siswa terpasung pada pols ysng dicontohkan oleh guru. Siswa tidak di arahkan untuk menemukan hal-hal yang tidak biasa.kurikulum 2013 mengamatkan guru supaya membangkitkan kretivitas siswa. Salah satu pembelajaran yang direkomendasikan dalam kurikulum 2013 adalah pembelajaran berbasis masalah. Hasil penelitian telah menunjukan bahwa pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika. Kreativitas, minat dan motivasi siswa. Pembelajaran berbasis masalah akan mendorong siswa berfikir divergen. Pola pikir divergen akan mengarahkan mereka pada pembentukan kreativitas. Penelitian juga telah menunjukan bahwa dengan memberikan masalah yang mengandung banyak solusi ataubanyk cara penyelesaian dapat meningkatkan kreativitas matematika siswa.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Keywords: | Pembelajaran berbasis masalah; Kreativitas; Divergen; Kurikulum |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF309 Consciousness. Cognition L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 25 May 2016 11:26 |
Last Modified: | 25 May 2016 11:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4739 |