Butar-butar, Sumiyanti (2022) Analisis keefektifan Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Tema 6 Subtema 2 Perubahan Energi kelas III SD Negeri 05 Simodong T.A 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 1181111039 COVER SUMIYANTI BUTAR-BUTAR.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
2. NIM 1181111039 LEMBAR PERSETUJUAN SUMIYANTI BUTAR-BUTAR.pdf - Published Version
Download (866kB) | Preview
3. NIM 1181111039 ABSTRAK SUMIYANTI BUTAR-BUTAR.pdf - Published Version
Download (363kB) | Preview
4. NIM 1181111039 KATA PENGANTAR SUMIYANTI BUTAR-BUTAR.pdf - Published Version
Download (551kB) | Preview
5. NIM 1181111039 DAFTAR ISI SUMIYANTI BUTAR-BUTAR.pdf - Published Version
Download (476kB) | Preview
6. NIM 1181111039 DAFTAR TABEL SUMIYANTI BUTAR-BUTAR.pdf - Published Version
Download (323kB) | Preview
7. NIM 1181111039 DAFTAR GAMBAR SUMIYANTI BUTAR-BUTAR.pdf - Published Version
Download (307kB) | Preview
8. NIM 1181111039 DAFTAR LAMPIRAN SUMIYANTI BUTAR-BUTAR.pdf - Published Version
Download (319kB) | Preview
9. NIM 1181111039 BAB I SUMIYANTI BUTAR-BUTAR.pdf - Published Version
Download (739kB) | Preview
13. NIM 1181111039 BAB V SUMIYANTI BUTAR-BUTAR.pdf - Published Version
Download (353kB) | Preview
14. NIM 1181111039 DAFTAR PUSTAKA SUMIYANTI BUTAR-BUTAR.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran melalui pelaksanan model Make A Match dengan meningkatkan hasil belajar siswa pada tema 6 subtema 2 Perubahan Energi pada siswa kelas III di SD Negeri 05 Simodong T.A 2021/2022.
Jenis penelitian pada penelitian ini adalah Quasi Eksperiment dengan menggunakan One-Group-Pretest-Postest. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III Negeri 05 Simodong yang berjumlah 14 orang siswa. Sampel penelitian yang digunakan adalah secara sampling jenuh (semua populasi digunakan sebagai sampel). Sampel yang digunakan berjumlah 14 orang siswa sebagai kelas eksperimen tanpa menggunakan kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji t.
Hasil penelitian dan kesimpulan dalam penelitian ini adalah: 1) Dari hasil belajar yang diperoleh ditemukan bahwa 5 orang tidak tuntas sesuai nilai KKM, sisanya 9 orang tuntas artinya 64% siswa kelas III di SDN 05 Simodong sudah tuntas melebihi 50% dengan nilai Rata-rata 78,214 dan pembelajaran ini dikatakan efektif menggunakan model Make A Match. 2) Dari hasil perhitungan data belajar dengan model pembeajaran Make A Match di peroleh thitung 3,600, dan ttabel 1, 771 daftar distribusi t dengan taraf signifikan (ꭤ = 0,05) dan derajat kebebasan 13 (db =N–1 = 14 -1 = 13). Sehingga diperoleh thitung > ttabel dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima yang menyatakan “Terdapat Keefektifan Pembelajaran dengan Menggunakan Model Make A Match yang Signifikan terhadap hasil belajar siswa Tema 6 Subtema 2 Perubahan Energi kelas III SD Negeri 05 Simodong T.A 2021/2022
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model pembelajaran Make A Match; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization > LB2832 Teaching personnel |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 06 Sep 2022 01:44 |
Last Modified: | 06 Sep 2022 01:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47358 |