Dewi, Rahma and Akhmad, Imran and Supriadi, Amir and Nurkadri (2021) PENDAMPINGAN PENYUSUNAN BAHAN AJAR PJOK BERBASIS ONLINE BAGI KKG PENJAS SD KECAMATAN HAMPARAN PERAK. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 27 (02). pp. 161-164. ISSN 0852-2715
Fulltext.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
Reviewer.pdf - Published Version
Download (902kB) | Preview
Abstract
Mitra kegiatan Program Desa Binaan adalah Dinas Pendidikan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kecamatan Hamparan Perak yang merupakan salah satu kabupaten di Deli Serdang yang difokuska pada KKG guru Penjas Sekolah Dasar. Terdapat beberapa permasalahan mitra diantaranya (1) Kurangnya pemanfaat teknologi sebagai sumber belajar. (2) Guru kurang mampu memanfaatkan perkembangan teknologi dalam merancang sebuah bahan ajar berbasis online. (3) Guru PJOK cenderung kurang menggunakan teknologi dalam merancang sebuah pembelajaran dikarenakan tidak mampu menggunakan teknologi. Dari ketiga permasalahan utama tersebut tidaklah memungkinkan untuk diselesaikan ketiga permasalahan tersebut maka pada kegiatan Peningkatan Kualitas Pembelajaran KKG Penjas kali ini ditentukan permasalahan prioritas yang akan diselesaikan bersama mitra dalam kegiatan ini adalah: 1) meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mitra tentang pembuatan bahan ajar berbasis online, 2) menyediakan fasilitas penyusunan bahan ajar berbasis online bagi mitra, 3) melatih mitra untuk dapat menggunakan bahan ajar berbasis online dan dapat membuat bahan ajar secara mandiri. 4) Menjadikan bahan ajar berbasis online sebagai kreatifas mencari sumber belajar bagi mitra PKM. Hasil yang diharapkan dalam kegiatan PKM adalah berkembangnya tim mitra dengan meningkatnya kemampuan dalam perancangan bahan ajar berbasis online yang baru dan dapat menjadi contoh bagi daerah lain yang lain dalam hal pengembangan pembelajaran sesuai dengan era revolusi industri 4.0. dengan produk barang aplikasi berbasis onlin.
Metode yang akan digunakan untuk mencapai tujuan dari kegiatan pengabdian adalah, Peningkatan Kualitas Pembelajaran KKG Penjas ini adalah model pemberdayaan dengan langkah-langkah sebagai berikut : 1) Tahap Persiapan; 2) Tahap Assesment; 3) Tahap Perencanaan Alternatif Program atau Kegiatan; 4) Tahap Pemformulasian Rencana Aksi; 5) Tahap Pelaksanaan (Implementasi) Program atau Kegiatan; 6) Tahap Evaluasi; serta 7) Tahap Terminasi. Pelaksanaan program Peningkatan Kualitas Pembelajaran KKG Penjas ini akan dilaksanakan sebagai upaya Pemberdayaan Kelompok Kerja Guru PJOK Sekolah Dasar di daerah mitra.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Bahan ajar online; Pendidikan jasmani; Media pembelajaran |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV201 Physical education and training L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 11 Aug 2022 04:42 |
Last Modified: | 11 Aug 2022 04:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47311 |