Simanullang, Hengki Alfredo (2021) Perbedaan Hasil Belajar Siswa Laki-laki dan Perempuan pada Mata Pelajaran Matematika Materi Skala Kelas V SD Se Kelurahan Bajamas, Kec. Sirandorung, Kab. Tapanuli Tengah T.A 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1172111006_COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2. NIM. 1172111006_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
3. NIM. 1172111006_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
4. NIM. 1172111006_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
5. NIM. 1172111006_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
6. NIM. 1172111006_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
7. NIM. 1172111006_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
8. NIM. 1172111006_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9. NIM. 1172111006_BAB I.pdf - Published Version
Download (342kB) | Preview
13. NIM. 1172111006_BAB V.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
14. NIM. 1172111006_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
Abstract
Secara umum gender adalah perbedaan karakteristik antara laki-laki dan perempuan, baik dilihat dari dimensi psikologis dan sosialnya. Menurut Santrock (2007) dalam Enggar Saraswati (2015: 14), “dalam faktor psikis, gender juga berpengaruh dalam prestasi belajar karena gender merupakan dimensi sosiokultural dan psikologi dari pria dan wanita”. Eleanor Maccoby dan Carol Jacklin (dalam Enggar Saraswati, 2015: 17), menyimpulkan bahwa “laki-laki memiliki kemampuan matematika dan visuospasial yang lebih baik, sedangkan perempuan lebih baik dalam kemampuan verbalnya”. Hal berbeda disampaikan oleh American Psychological Association (dalam Zubaidah, 2013: 16), “kemampuan perempuan di seluruh dunia dalam metematika tidak lebih buruk daripada kemampuan laki-laki meskipun laki-laki memiliki kepercayaan diri yang lebih daripada perempuan dalam matematika dan perempuan-perempuan dari negara dimana kesamaan gender telah diakui menunjukkan kemampuan yang lebih baik dalam tes matematika”. Pokok Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana hasil belajar matematika siswa laki-laki pada siswa kelas V SD Se-Kelurahan Bajamas?; (2) Bagaimana hasil belajar matematika siswa perempuan pada siswa kelas V SD Se-Kelurahan Bajamas?; (3) Adakah perbedaan hasil belajar matematika siswa laki-laki dan perempuan pada siswa V SD Se-Kelurahan Bajamas? Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Se-Kelurahan Bajamas tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 120 siswa dan sampel yang terpilih sebanyak 30 siswa yang dipilih secara acak. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan instrumen tes tertulis berupa pilihan ganda dan uraian.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar matematika siswa laki-laki sebesar 75,08 yaitu tergolong kategori cukup dan nilai rata-rata hasil belajar matematika siswa perempuan sebesar 75,18 yaitu tergolong kategori cukup. Berdasarkan analisis inferensial menunjukkan hasil belajar matematika laki-laki dan perempuan bahwa tidak terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa laki-laki dan siswa perempuan dalam menyelesaikan soal matematika materi Skala pada siswa kelas V SD Se-Kelurahan Bajamas. Dimana dapat dilihat pada tabel 4.3.3 Independent Sampel Test.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-PGSD-040 |
Keywords: | Hasil Belajar; Matematika; Skala; Gender |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 10 Aug 2022 05:10 |
Last Modified: | 10 Aug 2022 05:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47289 |