Pengembangan Media Power Point Berbasis Pendekatan TPACK (Tecnology, Pedagogic and Content Knowledge) pada Materi Keliling dan Luas Bangun Datar di Kelas IV SD Muhammadiyah 12 Medan T.A 2021/2022

Nasution, Amirul Iman (2022) Pengembangan Media Power Point Berbasis Pendekatan TPACK (Tecnology, Pedagogic and Content Knowledge) pada Materi Keliling dan Luas Bangun Datar di Kelas IV SD Muhammadiyah 12 Medan T.A 2021/2022. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 1183111062_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 1183111062_COVER.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 1183111062_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 1183111062_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (285kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 1183111062_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 1183111062_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 1183111062_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 1183111062_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 1183111062_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 1183111062_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 1183111062_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 1183111062_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 1183111062_DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 1183111062_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 1183111062_DAFTAR DIAGRAM.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 1183111062_DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 1183111062_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 1183111062_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM. 1183111062_BAB I.pdf]
Preview
Text
10. NIM. 1183111062_BAB I.pdf - Published Version

Download (508kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 1183111062_BAB V.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 1183111062_BAB V.pdf - Published Version

Download (230kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM. 1183111062_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
15. NIM. 1183111062_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (265kB) | Preview

Abstract

Dalam penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan yaitu, minimnya inovasi dalam proses pembelajaran pada abad ke-21 di tingkat SD, minimnya pemanfaatan perkembangan teknologi dalam proses kegiatan belajar mengajar pada pelajaran matematika, minimnya penggunaan dan inovasi media pembelajaran membuat peserta didik mengalami kesulitan belajar dalam memahami konsep keliling dan luas bangun datar, kurangnya pemahaman dan keterampilan guru membuat media konkret dan digital, serta menentukan model pembelajaran yang bervariasi, rendahnya hasil belajar matematika peserta didik di kelas IV-B SD muhammadiyah 12 Medan. Berdasarkan permasalahan tersebut perlu dilakukan perkembangan dalam media pembelajaran di era abad ke-21, maka dengan itu peneliti tertarik melakukan pengujian dan penelitian yaitu berupa Pengembangan Media Power Point Berbasis Pendekatan TPACK (Technology, Pedagogy, and Content Knowledge) pada Materi Keliling dan Luas Bangun Datar di Kelas IV-B SD Muhammadiyah 12 Medan T.A. 2021/2022.
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui validitas kelayakan media, kelayakan materi, untuk mengetahui praktikalitas media, untuk mengetahui efektifitas media pembelajaran Power Point berbasis kerangka TPACK (Technology, Pedagogy, and Content Knowledge) yang dikembangkan untuk peserta didik sekolah dasar di kelas IV SD Muhammadiyah 12 Medan T.A. 2021/2022. Adapun jenis penelitian dan pengembangan ini peneliti menggunakan metode penelitian dengan prosedur penelitian yang mengadaptasi model pengembangan ADDIE, yaitu terdiri dari Analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, skala, dan tes. Teknik analisis data adalah kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV-B SD Muhammadiyah 12 Medan sebanyak 16 peserta didik.
Hasil dari penilain validasi ahli media, ahli materi, dan ahli praktikalitas diperoleh 98%, 98,8%, 98,3% dengan kualifikasi sangat layak dan praktis digunakan tanpa adanya revisi. Hasil dari pree-test dan post-test yang dilakukan di kelas IV-B menunjukkan hasil dari jumlah 16 peserta didik yang mengikuti pree-test terdapat 12 peserta didik yang belum tuntas dan yang tuntas hanya 4 peserta didik 42,7%, sedangkan pada hasil post-test terdapat 13 peserta didik yang tuntas dan 3 peserta didik yang tidak tuntas 81,8%. Berdasarkan perhitungan ketuntusan kelas diperoleh persentase keefektifan media yaitu sebesar 81,3% dengan kriteria ketuntasan 81% - 100% dikategorikan sangat efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 2022-PGSD-034
Keywords: Penelitian Pengembangan; Abad ke-21; Media Power Point; Pendekatan TPACK; Bangun Datar; Hasil Belajar Peserta Didik
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 09 Aug 2022 06:56
Last Modified: 09 Aug 2022 06:56
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47279

Actions (login required)

View Item
View Item