Nahampun, Viani Adriani (2022) Analisis Kesulitan Belajar Peserta Didik pada Tema 5 Subtema 3 Pembelajaran 1 Kelas V SD Negeri 173492 Aeksongsang Parlilitan T.A. 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1173111105_COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM. 1173111105_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (284kB) | Preview
3. NIM. 1173111105_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
4. NIM. 1173111105_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (470kB) | Preview
5. NIM. 1173111105_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
6. NIM. 1173111105_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. NIM. 1173111105_DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 1173111105_DAFTAR BAGAN.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 1173111105_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
10. NIM. 1173111105_BAB I.pdf - Published Version
Download (437kB) | Preview
14. NIM. 1173111105_BAB V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
15. NIM. 1173111105_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (286kB) | Preview
Abstract
Permasalahan yang terjadi adalah terdapat nilai ulangan harian peserta didik yang berada di bawah KKM dan peserta didik yang kurang berkonsentrasi dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kesulitan belajar peserta didik pada tema 5 subtema 3 pembelajaran 1 siswa kelas V SD Negeri 173492 Aeksongsang Parlilitan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 24 peserta didik yang terdiri dari 14 orang laki-laki dan 10 orang perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif menggunakan statistik deskriptif. Kesulitan belajar menyebabkan tujuan pembelajaran tidak tercapai secara maksimal. Indikator yang digunakan dalam mengukur kesulitan belajar peserta didik ada 2 (dua) yaitu indikator internal dan indikator eksternal. Setiap indikator memiliki sub indikator dimana indikator internal memiliki 6 sub indikator dan indikator internal memiliki 5 sub indikator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan belajar peserta didik pada Tema 5 Subtema 3 Pembelajaran 1 yang paling dominan adalah pada indikator faktor internal sub indikator media dan sumber belajar yaitu sebesar 50% yang masuk dalam kategori sangat kesulitan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-PGSD-046 |
Keywords: | Analisis; Kesulitan Belajar; Faktor yang Mempengaruhi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 09 Aug 2022 06:56 |
Last Modified: | 09 Aug 2022 06:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47276 |