Pasaribu, Rosida Minta Ito (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Example Non Example Dan Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar Siswa SDN 0401 Pasar Ujung Batu T.A 2021/2022. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1171111055_COVER.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
2. NIM. 1171111055_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
3. NIM. 1171111055_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
4. NIM. 1171111055_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
5. NIM. 1171111055_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
6. NIM. 1171111055_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
7. NIM. 1171111055_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 1171111055_DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9. NIM. 1171111055_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
10. NIM. 1171111055_BAB I.pdf - Published Version
Download (352kB) | Preview
14. NIM. 1171111055_BAB V.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
15. NIM. 1171111055_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Example Non Example dan Picture and Picture terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V SDN 0401 Pasar Ujung Batu T.A 2021/2022. Penelitian ini menggunakan dua kelompok yaitu kelas V-A berjumlah 30 orang sebagai kelompok eksperimen I dan kelas V-B berjumlah 30 orang sebagai kelompok eksperimen II. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu model pembelajaran Example Non Example dan model pembelajaran Picture and Picture sedangkan variabel terikat yaitu hasil belajar IPS.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi, dengan teknik analisis data menggunakan Uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar IPS siswa kelas V yang diajarkan menggunakan model pembelajaran example non example memiliki perbedaan yang signifikan dari pada menggunakan model pembelajaran picture and picture di SDN 0410 Pasar Ujung Batu. Hal tersebut dibuktikan berdasarkan hasil belajar IPS siswa kelas V-A pada pretes dengan persentase siswa yang tidak tuntas mencapai 83,33% (25 siswa) sedangkan pada kelas V-B mencapai 80% (24 siswa) tidak tuntas. Setelah melakukan perlakuan dengan menerapkan model pembelajaran example non example pada kelas V-A (Kelas eksperimen I) tingkat ketuntasan hasil belajar IPS siswa mencapai 93% dengan rata-rata 85,00 dan model picture and picture pada kelas V-B (Kelas eksperimen II) tingkat ketuntasan hasil belajar IPS siswa mencapai 93% dengan rata-rata 80,83. Hasil perhitungan dari uji normalitas diperoleh harga L0 (Lhitung) untuk kelas eksperimen I sebesar 0,103, sedangkan untuk kelas eksperimen II diperoleh L0 (Lhitung) sebesar 0,149. Harga pada Ltabel taraf signifikansi α = 0,05 untuk n = 30, maka L(0,05:30) adalah 0,161 sehingga kedua kelas eksperimen dinyatakan normal dan hasil uji Homogenitas Fhitung < Ftabel (1,34 < 1,86) sehingga dinyatakan homogeny sedangkan perhitungan Uji-t yaitu thitung sebesar 2,247 dan nilai ttabel dengan taraf signifkan 5% adalah 2,002 dengan kriteria pengujian thitung > ttabel. Dari analisis tersebut diperoleh bahwa thitung lebih besar dari ttabel (2,247 > 2,002). Dengan demikian H0 ditolak H1 diterima, maka hipotesis penelitian “Adanya Pengaruh Model Pembelajaran Example Non Example dengan Model Pembelajaran Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN 0401 Pasar Ujung Batu T.A 2021/2022”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-PGSD-032 |
Keywords: | Hasil Belajar IPS Kelas V; Model Pembelajaran Example Non Example; Model Pembelajaran Picture and Picture |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 03 Aug 2022 07:47 |
Last Modified: | 03 Aug 2022 07:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47177 |