Gultom, Steven Hansen (2021) Pengembangan Trainer Instalasi Penerangan Pada Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik Kelas XI TITL SMK Negeri 2 Medan 2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5161131043 COVER.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
2. NIM 5161131043 APPROVAL.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM 5161131043 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (752kB) | Preview
4. NIM 5161131043 PREFACE.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
5. NIM 5161131043 CONTENTS.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
6. NIM 5161131043 TABLES.pdf - Published Version
Download (592kB) | Preview
7. NIM 5161131043 PICTURES.pdf - Published Version
Download (589kB) | Preview
8. NIM 5161131043 APPENDICE.pdf - Published Version
Download (775kB) | Preview
9. NIM 5161131043 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM 5161131043 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (938kB) | Preview
14. NIM 5161131043 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (753kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan : Untuk mengembangkan media Trainer Instalasi Penerangan Listrik untuk kelas XI Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Negeri 2 Medan dan untuk mengetahui Kelayakan Trainer Instalasi Penerangan Listrik pada mata pelajaran Instalasi Penerangan Listrik di SMK Negeri 2 Medan.Adapun metode Penelitian yang digunakan merupakan metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development (R&D). Prosedur pembuatan media ini meliputi : 1) Potensi dan Masalah, 2) Pengumpulan Data, 3) Desain Produk 4) Validasi Media 5) Revisi Produk Trainer. Data pada penelitian ini diperoleh melalui instrument yang diadaptasi dari Mourdel (Panahatan, 2009:18), yang terdiri dari ahli materi, ahli media. Hasil penelitian ini adalah : (1) pembuatan Trainer memiliki langkah-langkah meliputi : mencari materi yang ingin dijelaskan dan membuat desain produk , penilaian media oleh ahli media dan ahli materi, validasi dan revisi. (2) Hasil kelayakan Trainer Instalasi Penerangan Listrik sebagai media pembelajaran adalah : penilaian ahli media memperoleh nilai persentase 85,83% dengan kategori sangat layak, penilaian ahli materi memperoleh 88,33% dengan kategori sangat layak. Maka diperoleh kesimpulan media yang dikembangkan layak untuk digunakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan, Media Trainer, Instalasi Penerangan Listrik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education T Technology > T Technology (General) T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 03 Aug 2022 03:26 |
Last Modified: | 03 Aug 2022 03:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47162 |