Purba, Arnold (2021) Pengembangan Instrumen Penilaian Kompetensi Siswa Pada Materi Instalasi Penerangan 1 Fasa di Kelas XI SMKN 2 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5141131002 COVER.pdf - Published Version
Download (394kB) | Preview
2. NIM 5141131002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM 5141131002 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (641kB) | Preview
4. NIM 5141131002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (726kB) | Preview
5. NIM 5141131002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (640kB) | Preview
6. NIM 5141131002 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (361kB) | Preview
7. NIM 5141131002 LIST OF PICTURE.pdf - Published Version
Download (360kB) | Preview
8. NIM 5141131002 APPENDIX LIST.pdf - Published Version
Download (361kB) | Preview
9. NIM 5141131002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
13. NIM 5141131002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (831kB) | Preview
14. NIM 5141131002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (959kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancangan, kelayakan dan kualitas serta respon siswa terkait pengembangan instrumen penilaian kompetensi siswa pada materi instalasi penerangan 1 fasa di Kelas XI SMK. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan 3D (define, design dan develop). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMKN 2 Medan sebanyak 30 siswa. Data penelitian dikumpulkan melalui lembar validasi ahli dan angket respon siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif.
Hasil penelitian dan pengembangan disimpulkan bahwa: (1) instumen penilaian kompetensi siswa dirancang melalui beberapa tahap mulai dari pengembangan spesifikasi instrumen dengan membuat kisi-kisi soal, penulisan soal, penelaahan soal melalui proses validasi isi kepada validator ahli, perakitan soal, ujicoba dan analisis butir soal hingga pencetakan soal pada kertas HVS dengan ukuran A4 (21 × 29,7 cm); (2) instrumen penilaian kompetensi siswa pada materi instalasi penerangan 1 fasa kelas XI SMK yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid berdasarkan penilaian praktisi dan validator ahli meliputi aspek materi (isi), aspek konstruksi dan aspek bahasa serta hasil ujicoba dan analisis butir soal diperoleh dari 25 soal yang diujicobakan seluruhnya tergolong valid (sahih), reliabel (handal), dan memiliki tingkat kesukaran yang tergolong sedang, serta hasil analisis daya pembeda butir tes rata-rata tergolong cukup dan baik; dan (3) respon siswa terkait instrumen penilaian kompetensi siswa yang dikembangkan juga tergolong kriteria baik dengan rata-rata skor angket secara keseluruhan sebesar 3,70. Hal ini sekaligus mengindikasikan bahwa instrumen penilaian kompetensi yang telah dihasilkan telah dinyatakan layak dan dapat digunakan untuk mengukur kemampuan siswa materi instalasi penerangan 1 fasa di Kelas XI SMK.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Instrumen Penilaian Kompetensi, Instalasi Penerangan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3050 Educational tests, measurements, evaluations and examinations |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 02 Aug 2022 08:42 |
Last Modified: | 02 Aug 2022 08:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47151 |