Khairanti, Nanda Utami (2021) Hubungan Antara Efikasi Diri Dan Motivasi Belajar Dengan Kemandirian Belajar Pada Siswa Kelas X Titl Smk Negeri 2 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5161131031 COVER.pdf - Published Version
Download (493kB) | Preview
2. NIM. 5161131031 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 5161131031 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (987kB) | Preview
4. NIM. 5161131031 PREFACE.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
5. NIM. 5161131031 CONTENTS.pdf - Published Version
Download (990kB) | Preview
6. NIM. 5161131031 TABLES.pdf - Published Version
Download (632kB) | Preview
7. NIM. 5161131031 FIGURES.pdf - Published Version
Download (628kB) | Preview
8. NIM. 5161131031 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
12. NIM. 5161131031 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM. 5161131031 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian bertujuan untuk : (1) Mengetahui bagaimana hubungan efikasi diri dengan kemandirian belajar. (2) Mengetahui bagaimana hubungan motivasi belajar dengan kemandirian belajar. (3) Mengetahui bagaimana hubungan efikasi diri dan motivasi belajar dengan kemandirian belajar siswa kelas X TITL SMK Negeri 2 Medan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif, sedangkan sifatnya adalah penelitian korelasi. Pada penelitian ini terdapat dua variabel bebas yaitu efikasi diri dan motivasi belajar, serta satu variabel terikat yaitu kemandirian belajar. Metode pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan rumus korelasi Product Moment dan korelasi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara efikasi diri dengan kemandirian belajar siswa. Dibuktikan dengan harga r hitung 0,504 lebih besar daripada r tabel 0,207 dengan nilai Signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05). Hal itu menunjukkan bahwa semakin tinggi efikasi diri seseorang, semakin tinggi pula kemandirian belajarnya. (2) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan kemandirian belajar siswa. Dibuktikan dengan harga r hitung 0,608 lebih besar daripada r tabel 0,207 dengan nilai Signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,001 < 0,05). Hal itu menunjukkan bahwa semakin tinggi motivasi belajar seseorang, semakin tinggi pula kemandirian belajarnya. (3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara efikasi diri dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan kemandirian belajar siswa. Dibuktikan dengan harga R= 0,682 dan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,465 dengan nilai Signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05). Hal itu menunjukkan bahwa semakin tinggi efikasi diri dan motivasi belajar seseorang, semakin tinggi pula kemandirian belajarnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | efikasi diri, motivasi belajar, kemandirian belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB3602 School life. Student manners and customs |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 02 Aug 2022 08:30 |
Last Modified: | 02 Aug 2022 08:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47149 |