Siregar, Anggi Syahputri (2022) Pengembangan Media Ular Tangga Berbantuan Powerpoint Pada Pembelajaran IPS Materi Peninggalan Sejarah Hindu-Budha Di Kelas IV SDN 101778 Medan Estate T.A 2021/2022. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1173311004_COVER.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
2. NIM. 1173311004_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
3. NIM. 1173311004_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
4. NIM. 1173311004_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
5. NIM. 1173311004_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
6. NIM. 1173311004_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
7. NIM. 1173311004_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM. 1173311004_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
9. NIM. 1173311004_BAB I.pdf - Published Version
Download (353kB) | Preview
13. NIM. 1173311004_BAB V.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
14. NIM. 1173311004_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) Kelayakan Media Ular Tangga Berbantuan Powerpoint Pada Pembelajaran IPS Materi Peninggalan Sejarah Hindu- Budha Di Kelas IV SDN 101778 Medan Estate T.A 2021/2022.dan (2) mengetahui keefektifan penggunaan Media Ular Tangga Berbantuan Powerpoint Pada Pembelajaran IPS Materi Peninggalan Sejarah Hindu - Budha Di Kelas IV SDN 101778 Medan Estate T.A 2021/2022. Jenis Penelitian ini adalah penelitian penelitian R & D dengan menggunakan model pengembangan ADDIE, model ini dipilih karena sistematis dan sesuai untuk mengembangkan perangkat pembelajaran. Adapun subjek dari penelitian ini terdiri dari seorang ahli materi, seorang ahli media pembelajaran, seorang ahli bahasa, dan siswa kelas IV SDN 101778 T.A 2021/2022 yang berjumlah 35 orang. Sebagai objek dalam penelitian ini adalah media pembelajaran, skala respon siswa terhadap media pembelajaran dan tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan pada uji kelayakan adalah (1) uji ahli materi pembelajaran berada pada klasifikasi sangat baik (85,88%), (2) uji ahli media pembelajaran berada pada klasifikasi sangat baik (85,71%), (3) uji ahli bahasa berada pada klasifikasi sangat baik ( 82,85%). Lalu dari segi uji Efektifitas Media Ular Tangga Berbantuan Powerpoint Pada Pembelajaran IPS Materi Peninggalan Sejarah Hindu- Budha pada tahap pretest nilai peserta didik dengan rata-rata 80 % kategori efektifitas “Sedang”, dan pada tahap posttest nilai peserta didik mengalami peningkatan setelah menggunakan Media Ular Tangga Berbantuan Powerpoint Pada Pembelajaran IPS Materi Peninggalan Sejarah Hindu- Budha dengan rata-rata 85,64% dengan kategori efektifitas “Sangat Baik”. hasil belajar peserta didik mengalami kenaikan sebesar 21,93%,Dari data ini membuktikan bahwa penggunaan Media Ular Tangga Berbantuan Powerpoint Pada Pembelajaran IPS Materi Peninggalan Sejarah Hindu- Budhalsysk digunsksn dan lebih efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan kompetensi siswa pada pembelajaran IPS.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-PGSD-012 |
Keywords: | Pengembangan media power point; IPS dan Permainan Ular Tangga |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 03 Aug 2022 02:05 |
Last Modified: | 03 Aug 2022 02:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47077 |