Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android dengan menggunakan Software Construct 2 pada Materi Laju Reaksi

Siahaan, Natalin Pertiwi and Susanti, Nora (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android dengan menggunakan Software Construct 2 pada Materi Laju Reaksi. In: Prosiding Seminar Nasional Kimia & Pendidikan Kimia#2 - 2021, 11 Desember 2021, Medan.

[thumbnail of TextFile.pdf]
Preview
Text
TextFile.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis android dengan menggunakan software Construct 2 pada materi laju reaksi dan mengetahui kelayakan produk yang sudah dikembangkan. Media pembelajaran berbasis android yang dikembangkan yaitu berupa aplikasi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan model 4-D meliputi empat tahapan utama, yaitu: pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Data diperoleh melalui validasi produk kepada ahli media dan ahli materi, kemudian disebarkan kepada 40 peserta didik kelas XI di SMA Sultan Iskandar Muda Medan. Hasil penelitian yang diperoleh adalah kualitas media pembelajaran berbasis android yang telah dikembangkan adalah sangat layak berdasarkan penilaian ahli materi dan media dalam tiap aspek: hasil analisis kelayakan isi adalah 4.208; kelayakan bahasa adalah 4.433; kelayakan penyajian adalah 4.416 dan kelayakan kegrafikan adalah 5. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis android dengan menggunakan software Construct 2 sangat layak untuk digunakan sebagai media pendukung dalam pembelajaranmateri laju reaksi.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Media pembelajaran, Construct 2, Laju reaksi, Penelitian dan pengembangan (R&D).
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 01 Aug 2022 06:05
Last Modified: 01 Aug 2022 07:43
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47067

Actions (login required)

View Item
View Item