Siregar, Deliana Friska (2021) PENGEMBANGAN BUKU AJAR KULTUR JARINGAN BERBASIS LITERASI SAINS SEBAGAI SUMBER BELAJAR MAHASISWA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4173341011. COVER.pdf - Published Version
Download (25kB) | Preview
2. NIM. 4173341011. APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
3. NIM. 4173341011. ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
4. NIM. 4173341011. PREFACE.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
5. NIM. 4173341011. TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
9. NIM. 4173341011. CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
13. NIM. 4173341011. CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
14. NIM. 4173341011. BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan buku ajar kultur jaringan berbasis literasi sains yang dilaksanakan pada Nopember 2020 hingga Mei 2021. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Dick & Carrey yang dimodifikasi sampai tahap evaluasi formatif. Instrumen yang digunakan berupa angket yang diisi oleh validator (ahli materi, ahli desain pembelajaran, ahli desain layout), dosen mata kuliah Kultur Jaringan, dan mahasiswa jurusan biologi. Hasil penelitian menunjukkan 77% mahasiswa mengalami kesulitan mempelajari materi keragaman somaklonal dan perlu penambahan materi aplikasi kultur , belum ada buku ajar kultur jaringan berbasis literasi sains di perpustakaan UNIMED, 76,9% mahasiswa menyatakan menyukai materi keragaman somaklonal, 86,6% menyatakan sulit untuk dipelajari, 53,8% materi menggambarkan interaksi sains, lingkungan, teknologi dan masyarakat dan 30,8% tidak dijelaskan materi aplikasi kultur. Analisis validator menunjukkan: 86% (sangat layak) dari ahli materi, 91% (sangat layak) dari ahli desain pembelajaran dan 91% (sangat layak) dari ahli desain layout. Persentase respon menunjukkan: 93% (sangat layak) dari dosen, 86% (sangat layak) dari perorangan, 90% (sangat layak) dari kelompok kecil dan 89% (sangat layak) dari kelompok terbatas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2021 BIO 148 |
Keywords: | Buku ajar; Literasi sains; Kultur jaringan; Keragaman somaklonal |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3045 Textbooks L Education > LC Special aspects of education > LC149 Literacy. Illiteracy Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 01 Aug 2022 03:56 |
Last Modified: | 01 Aug 2022 03:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47047 |