Sinaga, Helfrini Br (2022) Hubungan Faktor Eksternal Dengan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 21 Medan T.A 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. Nim 3173131016 COVER.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
2. Nim 3173131016 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (593kB) | Preview
3. NIM. 3173131016 PREFACE.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
4. NIM. 3173131016 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
5. NIM. 3173131016 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
6. NIM. 3173131016 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
7. NIM. 3173131016 TABLES.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
8. NIM. 3173131016 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
9. NIM. 3173131016 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (734kB) | Preview
14. NIM. 3173131016 CHAPTER VI.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
15. NIM. 3173131016 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) keadaan faktor eksternal siswa kelas VIII di SMP Negeri 21 Medan, (2) keadaan hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas VIII di SMP Negeri 21 Medan, dan (3) Hubungan yang signifikan antara faktor eksternal dengan hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 21 Medan T.A 2021/2022. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 21 Medan Kecamatan Medan Tuntungan Kota Medan. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 288 siswa. Sampel dalam penelitian ini yaitu 58 siswa dengan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan studi dokumentasi dan teknik komunikasi tidak langsung melalui angket. Tenik analisis data menggunakan software SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) keadaan faktor eksternal siswa dalam kategori sedang (67,2%) dan faktor eksternal yang paling tinggi yaitu
faktor sekolah , (2) keadaan hasil belajar IPS siswa kedalam kategori sedang (70,7%). (3) ada hubungan yang sangat signifikan antara faktor eksternal dengan hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Medan. Hal ini dibuktikan
dengan rhitung (0.801) lebih besar dari pada rtabel (0,260) pada taraf signifikan 5%, atau dapat diformulasikan sebagai 0,801>0,260. Jika dilihat dari tabel interpretasi “r” product moment rhitung (0,801) terletak pada titik 0,800-1,00.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Faktor Eksternal; Hasil Belajar; Mata Pelajaran IPS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Siti Nur Fatimah |
Date Deposited: | 13 Sep 2022 06:44 |
Last Modified: | 13 Sep 2022 06:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47007 |