Sinaga, Jonathan Gopas (2021) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Lectora Inspire Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Konstruksi Dan Utilitas Gedung SMK Negeri 5 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5162311004 COVER.pdf - Published Version
Download (308kB) | Preview
2. NIM. 5162311006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 5162311004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (724kB) | Preview
4. NIM. 5162311004 PREFACE.pdf - Published Version
Download (897kB) | Preview
5. NIM. 5162311004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (830kB) | Preview
6. NIM. 5162311004 TABLES.pdf - Published Version
Download (827kB) | Preview
7. NIM. 5162311004 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (632kB) | Preview
8. NIM. 5162311004 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (898kB) | Preview
9. NIM. 5162311004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
13. NIM. 5162311004 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
14. NIM. 5162311004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (757kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh serta interaksi antara penggunaan media pembelajaran berbasis Lectora Inspire dan minat belajar terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran Konstruksi dan Utilitas Gedung yang berjumlah 30 siswa untuk kelas eksperimen menggunakan media pembelajaran Lectora Inspire yaitu XI DPIB 2 dan 33 siswa untuk kelas kontrol yaitu XI DPIB 1 menggunakan media pembelajaran Power Point dengan materi pembelajaran Prosedur Pembuatan Gambar Tampak Bangunan. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian, peneliti menggunakan angket sebanyak 20 pernyataan yang memenuhi analisis instrumen angket dengan reliabilitas 0,976 serta tes objektif sebanyak 25 soal dengan reliabilitas sebesar 0,814. Pada awal penelitian diberikan angket minat, adapun hasil pemberian angket minat belajar pada kelas eksperimen diperoleh mean 64,5, standar deviasi 13,92, dan varians 193,9, serta hasil angket minat pada kelas kontrol diperoleh mean 42,3, standar deviasi 16,8, dan variansnya 285,5. Setelah dilakukan perhitungan dengan menggunakan uji liliefors, uji normalitas pre-test kelas eksperimen diperoleh nilai Lhitung = 0,099 dan Ltabel = 0,161 pada α=0,05. Sedangkan uji normalitas nilai pre-test kelas kontrol diperoleh Lhitung = 0,013 dan Ltabel = 0,154 pada α=0,05. Kemudian uji normalitas nilai post-test kelas eksperimen diperoleh nilai Lhitung = 0,1 dan Ltabel = 0,161 pada α=0,05. Sementara pada kelas kontrol diperoleh nilai Lhitung = 0,12 dan Ltabel = 0,154 pada α=0,05. Selanjutnya uji normalitas pada minat belajar tinggi diperoleh nilai Lhitung = 0,096 dan Ltabel = 0,159 pada α=0,05, serta pada minat belajar rendah diperoleh nilai Lhitung = 0,125 dan Ltabel = 0,156 pada α=0,05. Hasil dari setiap uji normalitas dinyatakan berdistribusi normal. Berdasarkan hasil perhitungan Anava Faktorial 2x2, pada hipotesis pertama diperoleh nilai Fhitung = 6,322 > Ftabel = 4,00 pada taraf signifikan 5% maka H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti penggunaan media pembelajaran memberi pengaruh yang berbeda secara signifikan terhadap hasil belajar Konstruksi dan Utilitas Gedung siswa kelas XI. Pada hipotesis kedua diperoleh Fhitung = 6,106 > Ftabel = 4,00 pada taraf signifikan 5% maka H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti tingkat minat belajar siswa memberi pengaruh yang berbeda secara signifikan terhadap hasil belajar Konstruksi dan Utilitas Gedung siswa kelas XI. Serta hipotesis terakhir diperoleh Fhitung = 6,0282 > Ftabel = 4,00 pada taraf signifikan 5%, maka H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat interaksi antara penggunaan media pembelajaran dan tingkat minat belajar siswa terhadap hasil belajar Konstruksi dan Utilitas Gedung siswa kelas XI DPIB SMK Negeri 5 Medan Tahun Ajaran 2020/2021.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Lectora Inspire, Power Point, Minat Belajar, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 29 Jul 2022 07:02 |
Last Modified: | 29 Jul 2022 07:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47003 |