SEMBIRING, CRESTANO FLORENZIA (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Gam bar Teknik Pada Siswa Kelas X Program Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan di SMK Negeri 5 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5153311007 COVER.pdf - Published Version
Download (318kB) | Preview
2. NIM 5153311007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM 5153311007 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (706kB) | Preview
4. NIM 5153311032 PREFACE.pdf - Published Version
Download (762kB) | Preview
5. NIM 5153311007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
6. NIM 5153311007 TABLES.pdf - Published Version
Download (388kB) | Preview
7. NIM 5153311007 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (418kB) | Preview
8. NIM 5153311007 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (798kB) | Preview
9. NIM 5153311007 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
13. NIM 5153311007 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (981kB) | Preview
14. NIM 5153311007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (701kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Gam bar Teknik Pada Siswa Kelas X Program Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan di SMK Negeri 5 Medan. Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X Program Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan SMK Negeri 5 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Program Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan yang berjumlah 65 siswa. Kelas kontrol X TGB-1 terdiri dari 33 siswa dan X TGB-2 32 siswa. Sebelum melaksanakan penelitian kelas eksperimen dan kelas kontrol diberikan pretest dan di akhir pembelajaran diberikan posttest . Hasil analisis data dari hasil pretest yang diperoleh kelas eksperimen yaitu, X= 38,062 dengan nilai tertinggi 54 dan terendah 25. Sedangkan pada kelas kontrol X= 39,364 dengan nilai tertinggi 54 dan terendah 25. Kemudian kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dan pada kelas kontrol diberikan perlaku.an dengan metode pembelajaran konvensional. Hasil analisis data dari hasil posttest yang diperoleh kelas eksperirr.en yaitu, X= 84,343 dengan nilai tertinggi 92 dan terendah 75. Sedangkan pada kelas kontrol X= 80,091 dengan nilai tertinggi 88 dan terendah 72. Pengujian hipotesis dilakukan dengan rumus uji-t, dari data perhitungan hipotesis dengan taraf signifikan 5% diperoleh thitung > ttabel (5,383> 1,670), maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Project Based Learning memberikan nilai yang lebih tinggi daripada basil belajar yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada mata pelajaran gambar teknik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Hasil Belajar, Project Based Learning, gambar teknik |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 29 Jul 2022 06:55 |
Last Modified: | 06 May 2024 04:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47001 |