Afriani, Ika (2022) Analisis Rasa Percaya Diri Anak Kelompok B Melalui Metode Bernyanyi di PAUD Ar-Ridho Kec. Bintang Bayu T.A 2021/2022. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1173313030 COVER.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
2. NIM 11733130303 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
3. NIM 1173313030 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
4. NIM 1173313030 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
5. NIM 117313030 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
6. NIM 1173313030 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM 1173313030 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
8. NIM 1173313030 BAB I.pdf - Published Version
Download (514kB) | Preview
12. NIM 1173313030 BAB V.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
13. NIM 1173313030 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (335kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis terhadap rasa percaya diri anak di PAUD Ar- Ridho dan faktor yang mempengaruhi rasa percaya diri anak di PAUD Ar-Ridho serta menganalisis penerapan metode bernyanyi dalam meningkatkan rasa percaya diri anak di PAUD Ar-Ridho. Jenis penelitian ini adalah Deskriptif Kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di PAUD Ar- Ridho Kec. Bintang Bayu, Kab. Serdang Bedagai pada tahun ajaran 2021/2022 dengan subjek 5 orang anak kelompok B di PAUD Ar-Ridho Kec. Bintang Bayu. Objek penelitian ini adalah Rasa Percaya Diri Anak Kelompok B Melalui Metode Bernyanyi di PAUD Ar-Ridho Kecamatan Bintang Bayu. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang dilakukan peneliti selama sebulan di PAUD Ar-Ridho menunjukkan : (1) Rasa percaya diri 3 orang dari 5 orang anak di PAUD Ar-Ridho termasuk dalam kategori sudah baik (2) Faktor yang mempengaruhi rasa percaya diri anak di PAUD Ar-Ridhoketika tampil bernyanyi diantaranya ialah rasa malu (minder) ketika harus tampil sendiri di hadapan teman-temannya, takut akan kritikan, cemoohan, dan ejekan serta sikap ketergantungan peserta didik. (3) Penerapan metode bernyanyi pada setiap kegiatan pembelajaran dikelas telah diterapkan guru dan berhasil meningkatkan rasa percaya diri anak di PAUD Ar-Ridho dengan terbukti beberapa anak yang mampu mengatasi masalah rasa percaya diri anak dengan berani tampil maju kedepan untuk bernyanyi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa analisis terhadap rasa percaya diri anak melalui metode bernyanyi di PAUD Ar- Ridho mampu membantu meningkatkan rasa percaya diri anak di PAUD Ar-Ridho serta mendukung menciptakan pembelajaran yang menarik dan memberikan pengalaman baru bagi anak di PAUD Ar- Ridho.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-PAUD-017 |
Keywords: | Rasa Percaya Diri; Faktor Yang Mempengaruhi; Penerapan Metode Bernyanyi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 28 Jul 2022 08:19 |
Last Modified: | 28 Jul 2022 08:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46961 |