Validasi dan Respon Media Video Animasi (PowToon) Berbasis ReligiusPada Pembelajaran Ikatan Kimia

Tanjung, Ade Kurnia (2021) Validasi dan Respon Media Video Animasi (PowToon) Berbasis ReligiusPada Pembelajaran Ikatan Kimia. In: Prosiding Seminar Nasional Kimia & Pendidikan Kimia#2 - 2021, 11 Desember 2021, Medan.

[thumbnail of Article.pdf]
Preview
Text
Article.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Dalam perkembangan teknologi dan dunia pendidikan, video animasi dapat dijadikan sebagai media
pembelajaran. Maka dilakukan penelitian untuk validasi dan respon media video animasi (PowToon) berbasis religius pada mata pelajaran ikatan kimia dengan tujuan untuk mengetahui kategori kelayakan ditinjau dari validasi ahli materi, ahli media dan respon siswa. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi ahli materi, ahli media dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) persentase hasil dari ahli materi pada aspek pendidikan sebesar 89.5% dan aspek ketepatan materi sebesar 88.3% dinyatakan sangat baik, (2) persentase hasil dari ahli media pada aspek media sebesar 96.2%, aspek tampilan program sebesar 86.7% dan aspek kualitas teknik, keefektifan program sebesar 84.4% dinyatakan sangat baik, (3) persentase penilaian oleh siswa pada aspek tampilan dan keefektifan sebesar 94.8% dinyatakan sangat baik. Maka dapat disimpulkan bahwa media video animasi (PowToon) berbasis religius pada mata pelajaran kimia ini masuk kategori layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: validasi; ikatan kimia; media video animasi; religious
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD415 Biochemistry
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 28 Jul 2022 02:57
Last Modified: 01 Aug 2022 10:19
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46909

Actions (login required)

View Item
View Item