tarigan, Vica Miranda Br (2022) Pengembangan E-Book Sejarah Berbasis Aplikasi Flip Pdf Profesional Pada Materi Perlawanan Bangsa Indonesia Terhadap Penjajahan Bangsa Eropa Untuk Siswa Kelas XI SMASGKPI Padang Bulan Medan. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 3163121031 COVER.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
2. NIM. 3163121031 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
3. NIM. 3163121031 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
4. NIM. 3163121031 PREFACE.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
5. NIM. 3163121031 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
6. NIM. 3163121031 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM. 3163121031 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
8. NIM. 3163121031 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 3163121031 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (427kB) | Preview
13. NIM. 3163121031 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
14. NIM. 3163121031 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan media e-book sejarah, kelayakan, dan keefektifan media e-book sejarah pada materi perlawanan bangsa indonesia terhadap penjajahan bangsa eropa untuk siswa kelas XI SMAS GKPI Padang Bulan Medan. Penelitian pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) yang dikemukakan oleh Sugiyono yang dilakukan dari tahap 1 sampai tahap 10 yaitu: (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revidi produk, (8) uji coba pemakaian, (9) revidi produk, dan (10) produk akhir. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument berupa angket. Hasil validasi oleh ahli materi diketahui bahwa produk e-book sejarah mendapatkan kategori “sangat valid tidak revisi” dengan rata-rata persentase sebesar 88,07% . Hasil validasi oleh ahli media diketahui bahwa produk e-booksejarah mendapatkan kategori “sangat valid tidak revisi” dengan rata-rata persentase sebesar 88,26%. Validasi yang dilakukan oleh guru sejarah diketahui bahwa e-book sejarah mendapatkan kategori “sangat valid tidak revisi” dengan rata-rata persentase sebesar 95,55%. Dan uji coba yang dilakukan kepada peserta didik terdiri dari 3 kali uji coba yaitu uji coba kelompok kecil 84,85% dan dikategorikan “sangat layak”, uji coba kelompok sedang dengan persentase 88% dan dikategorikan “sangat layak”, dan uji coba kelompok besar berkategori “sangat
layak” dengan persentase 84,19%. Uji keefektifan media ebook sejarah yang dikembangkan diperoleh hasil sebagai berikut: hasil nilai rata-rata posttest sebesar 80,26. Nilai rata-rata ini lebih tinggi jika dibandingkan dengan nilai KKM. Sedangkan skor yang diperoleh pada saat pretest adalah sebesar 60,03. Nilai pretest ini lebih rendah jika dibandingkan dengan nilai KKM. Dengan demikian, bisa disimpulkan bahwa penggunaan media e-book sejarah yang dikembangkan dalam uji efektifitas sudah memenuhi kategori sangat baik dan layak digunakan dalam pembelajaran sejarah kelas XI IIS SMAS GKPI Padang Bulan Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Penelitian Pengembangan; Media pembelajaran; E-Book |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Siti Nur Fatimah |
Date Deposited: | 28 Sep 2022 03:47 |
Last Modified: | 28 Sep 2022 03:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46906 |