Maria, Maria Ningsih (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Macromedia Flash untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Sejarah Siswa Kelas X SMA Marisi Medan. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 3171121020 COVER.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
2. NIM. 3171121020 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
3. NIM. 3171121020 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
4. NIM. 3171121020 PREFACE.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
5. NIM. 3171121020 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
6. NIM. 3171121020 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 3171121020 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
8. NIM. 3171121020 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (364kB) | Preview
12. NIM. 3171121020 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
13. NIM. 3171121020 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengembangan media
pembelajaran interaktif berbasis Macromedia Flash yang layak digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar sejarah siswa kelas X SMA Marisi Medan khusus nya pada materi Indonesia Zaman Praaksara: Awal Kehidupan Manusia Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan Sugiyono. Penelitian ini dilakukan hanya dengan 8 tahap yaitu : 1) Potensi dan Masalah, 2) Pengumpulan data, 3) Desain Produk,4) Validasi Desain 5) Revisi Desain, 6) Uji Coba Produk, 7) Revisi Produk, 8) Uji coba Pemakaian. Subjek uji coba dalam penelitian ini yaitu siswa SMA Marisi Medan kelas X IIS I dan II. Hasil dari penilaian kelayakan media, saran untuk perbaikan produk dan
hasil dari penilaian angket motivasi belajar sejarah dikumpulkan melalui angket. Analisis data yang dilakukan yaitu dengan statistik deskriptif kualitatif dan
kuantitatif.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: produk media pembelajaran interaktif berbasis Macromedia Flash yang telah dikembangkan layak digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X IIS I pada mata pelajaran sejarah. Hal ini dibuktikan melaui hasil penilaian oleh ahli materi, ahli media dan siswa. Validasi ahli materi menunjukkan kretaria “Sangat Layak” dengan skor rata-rata sebesar 90%, Validasi ahli media menunjukkan kretaria “Sangat layak” dengan skor rata-rata sebesar 84%, uji coba kelompok kecil menunjukkan kretaria “Sangat Layak” dengan skor rata-rata sebesar 84%, uji coba kelompok sedang menunjukkan kretaria “Sangat Layak” dengan skor rata-rata sebesar 91%, uji coba kelompok luas menunjukkan kretaria “Sangat Layak” dengan skor rata-rata sebesar 85% dan hasil penilaian motivasi belajar siswa saat menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis Macromedia Flash “Tinggi” dengan skor rata�rata 3,21.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Pembelajaran interaktif; Pengembangan; Macromedia Flash; |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Siti Nur Fatimah |
Date Deposited: | 28 Sep 2022 03:40 |
Last Modified: | 28 Sep 2022 03:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46895 |