Nadasari, Rizka Ajeng (2016) PEMBELAJARAN ANSAMBEL BIOLA PADA EKSTRAKURIKULER DI SD NEGERI 067245 MEDAN SELAYANG. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. RIZKA AJENG NADASARI NIM 2113340042 COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. RIZKA AJENG NADASARI NIM 2113340042 PERNYATAAN DAN PENGES.pdf - Published Version
Download (989kB) | Preview
3. RIZKA AJENG NADASARI NIM 2113340042 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
4. RIZKA AJENG NADASARI NIM 2113340042 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
5. RIZKA AJENG NADASARI NIM 2113340042 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
6. RIZKA AJENG NADASARI NIM 2113340042 DAFTAR GAMBAR DAN TAB.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
7. RIZKA AJENG NADASARI 2113340042 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. RIZKA AJENG NADASARI NIM 2113340042 BAB I.pdf - Published Version
Download (461kB) | Preview
12. RIZKA AJENG NADASARI NIM 2113340042 BAB V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
14. RIZKA AJENG NADASARI NIM 2113340042 LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan Pembelajaran Ansambel Biola Pada Ekstrakurikuler Di SD Negeri 067245 Medan Selayang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran ansambel biola pada ekstrakurikuler di SD Negeri 067245 Medan Selayang, untuk mengetahui materi dalam pembelajaran ansambel biola di SD Negeri 067245 Medan selayang, untuk mengetahui kemampuan siswa yang mengikuti pembelajaran ansambel biola pada ekstrakurikuler di SD Negeri 067245 Medan Selayang, untuk mengetahui kendala pengajaran ekstrakurikuler ansambel biola di SD Negeri 067245 Medan Selayang.
Penelitian berdasarkan landasan teoritis yang menjelaskan teori pembelajaran, komponen pembelajaran, pengertian kemampuan, pengertian ansambel, pengertian biola, dan Ekstrakurikuler.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yang mengikuti kegiatan pembelajaran ansambel biola pada ekstrakurikuler. Pengumpulan data ini dilakukan dengan metode observasi atau pengamatan, wawancara, dokumentasi dan kajian pustaka.
Setelah keseluruhan data terkumpul, kemudian dianalisis untuk menjawab seluruh pertanyaan penelitian. Proses pembelajaran dilakukan selama 90 menit, waktu yang yang digunakan untuk menjelaskan teori adalah 30 menit dan praktek 60 menit. Tahap pelaksanaan pembelajaran ansambel biola siswa yang mengikuti kegiatan tersebut adalah seluruh siswa dimulai dari kelas1 sampai dengan kelas 6 yang digabung dalam satu kelompok ansambel. Di dalam proses pembelajaran ansambel biola materi yang digunakan dalam proses pembelajaran ekstrakurikuler biola di SD Negeri 067245 mengacu pada materi yang ada di Buku Panduan Metode Suzuki. Buku Panduan Metode Suzuki 1 digunakan sebagai materi pembelajaran untuk pembelajaran dasar biola. Siswa dikatakan mampu jika siswa dapat memainkan biola dengan benar, bermain biola sesuai dengan teknik yang baik, menguasai materi dengan baik serta dapat bermain biola dengan harmonis dalam ansambel.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MSK 033 |
Keywords: | Pembelajaran; Ansambel Biola; Ekstrakurikuler |
Subjects: | M Music and Books on Music > M Music M Music and Books on Music > ML Literature on music |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Musik |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 26 Apr 2016 16:49 |
Last Modified: | 26 Apr 2016 16:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4689 |