Manullang, Suci Setia Crise and Simatupang, Lisnawaty (2021) Pengaruh Media Physics Education Technology (PhET) Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bentuk Molekul. In: Prosiding Seminar Nasional Kimia & Pendidikan Kimia#2 - 2021, 11 Desember 2021, Medan.
Article.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Physics Education Technology (PhET) terhadap aktivitas, hasil belajar, korelasi antara aktivitas dengan hasil belajar dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA SMA Negeri 10 Medan. Sampel kelas diambil dengan Teknik purposive sampling, dimana kelas X MIA 2 sebagai kelas eksperimen yang dibelajarkan menggunkan media Physics Education Technology (PhET) dengan model discovery learning dan X MIA 3 sebagai kelas kontrol yang dibelajarkan dengan media Power Point dengan model discovery learning. Instrumen yang digunakan terdiri dari instrumen tes berupa soal pilihan berganda dan instrumen non tes berupa lembar observasi aktivitas siswa. Pada hasil penelitian, diperoleh ada pengaruh media terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. ada korelasi positif antara aktivitas dan hasil belajar siswa serta peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari pada siswa kelas kontrol.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Keywords: | PhET; aktivitas; hasil belajar; korelasi dan peningkatan hasil belajar |
Subjects: | Q Science > QD Chemistry Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 28 Jul 2022 02:08 |
Last Modified: | 01 Aug 2022 10:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46888 |