Pengembangan Instrumen Penilaian Kompetensi Siswa Pada Materi Instalasi kWh Meter 1 Fasa Di Kelas XI SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan

Juanda (2021) Pengembangan Instrumen Penilaian Kompetensi Siswa Pada Materi Instalasi kWh Meter 1 Fasa Di Kelas XI SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 5153331008 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 5153331008 COVER.pdf - Published Version

Download (312kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 5153331008 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 5153331008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 5153331008 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 5153331008 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (553kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 5153331008 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 5153331008 PREFACE.pdf - Published Version

Download (615kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 5153331008 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 5153331008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (892kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 5153331008 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 5153331008 TABLES.pdf - Published Version

Download (328kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 5153331008 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 5153331008 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (326kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 5153331008 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 5153331008 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (328kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 5153331008 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 5153331008 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 5153331008 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 5153331008 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (550kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 5153331008 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 5153331008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (824kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan instrumen penilaian untuk mengukur kemampuan peserta didik pada materi instalasi kWh meter 1 fasa, (2) mengetahui kelayakan instrumen penilaian peserta didik pada materi Instalasi kWh meter 1 fasa.
Penelitian ini termasuk dalam penelitian dan pengembangan menggunakan model 4-D (Four D Model) yang meliputi: (1) pendefinisian (define) berbagai informasi yang berkaitan dengan produk yang akan dikembangkan, (2) perancangan (design) produk awal berbentuk instrumen penilaian, (3) pengembangan (develop) produk akhir instrumen penilaian berdasarkan validasi para ahli dan uji terbatas, (4) penyebaran (disseminate) produk akhir yang telah tervalidasi untuk dapat dimanfaatkan sekolah. Penelitian ini dilakukan hanya sampai tahap pengembangan (develop) karena situasi pandemi Covid-19. Data produk berupa data kualitatif yang didapat dari saran dan masukan ahli materi dan ahli evaluasi, serta berupa data kuantitatif yang berasal dari penilaian ahli materi, ahli evalusi dan uji terbatas.
Tingkat kelayakan instrumen penilaian dibuktikan dengan nilai indeks di antara 88% sampai 100% (sangat valid) untuk validasi materi dan nilai indeks di antara 77% sampai 93% (sangat valid) untuk validasi evaluasi. Sementara validitas soal HOTS dari 20 soal terdapat 4 soal tidak valid. Tingkat reliabilitas soal HOTS adalah 0,71 dengan kategori Tinggi,, tingkat kesukaran soal HOTS memiliki rata-rata 0,65 dengan kategori cukup. Selanjutnya rata-rata daya pembeda yakni 0,38 dengan kategori cukup. Dengan demikian pengembangan instrumen penilaian ini sangat baik karena telah diuji kelayakannya oleh para ahli dan uji terbatas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: instrumen penilaian, Four D Model, Instalasi kWh meter 1 fasa
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK1001 Production of electric energy or power. Powerplants. Central stations
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 28 Jul 2022 01:48
Last Modified: 28 Jul 2022 01:48
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46879

Actions (login required)

View Item
View Item