Panjaitan, Benjamin (2021) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik Kelas X TITL SMK Negeri 5 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (314kB) | Preview
2. SURAT PERNYATAAN.pdf - Published Version
Download (486kB) | Preview
3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (509kB) | Preview
4. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (419kB) | Preview
5. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (622kB) | Preview
6. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (890kB) | Preview
7. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (569kB) | Preview
8. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
9. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (285kB) | Preview
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (305kB) | Preview
11. BAB 1.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
15. BAB 5.pdf - Published Version
Download (634kB) | Preview
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (584kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan perangkat pembelajaran yang meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP Luring dan RPP Daring), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dan Bahan Ajar yang dikembangkan pada peserta didik kelas X TITL pada pembelajaran luring maupun daring terhadap materi Pekerjaan Dasar Elektromekanik (PDE). Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan ADDIE. Model pengembangan ADDIE terdiri dari lima langkah yaitu Analisis (Analysis), Perancangan (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Dalam penelitian ini, peneliti hanya melakukan sampai ke tahap pengembangan (Development) yaitu tahap validasi kelayakan perangkat pembelajaran karena kondisi pandemik Covid-19 saat ini.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket validasi kelayakan perangkat pembelajaran yang bertujuan untuk mengukur kelayakan dari setiap perangkat pembelajaran. Data penelitian dianalisis dan memperoleh hasil sebagai berikut: 1) Proses pengembangan perangkat pembelajaran dilakukan berdasarkan pengembangan model ADDIE yang terdiri dari 5 langkah yakni analisis (menganalisis perangkat pembelajaran yang digunakan), perancangan (membuat dan mendesain perangkat pembelajaran yang ingin dikembangkan), pengembangan (menyusun perangkat pembelajaran sesuai dengan desain yang telah dibuat yang kemudian divalidasi kelayakannya oleh tiga validator), 2) RPP Luring dinyatakan layak dengan rata-rata persentase 82,78%. RPP Daring dinyatakan layak dengan rata-rata persentase 76,67%. LKPD dinyatakan layak dengan rata-rata persentase 83%. Bahan Ajar dinyatakan layak dengan rata-rata persentase 79,34%. Perangkat Pembelajaran telah dinilai ‘layak’ dengan catatan dapat diuji cobakan dengan sedikit revisi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Perangkat Pembelajaran, Model Pengembangan ADDIE |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 27 Jul 2022 07:54 |
Last Modified: | 27 Jul 2022 07:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46837 |