Pengembangan Perangkat Pembelajaran Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik Kelas X TITL SMK Negeri 5 Medan

Panjaitan, Benjamin (2021) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik Kelas X TITL SMK Negeri 5 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. COVER.pdf]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (314kB) | Preview
[thumbnail of 2. SURAT PERNYATAAN.pdf]
Preview
Text
2. SURAT PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (486kB) | Preview
[thumbnail of 3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (509kB) | Preview
[thumbnail of 4. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf]
Preview
Text
4. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (419kB) | Preview
[thumbnail of 5. ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
5. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (622kB) | Preview
[thumbnail of 6. KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (890kB) | Preview
[thumbnail of 7. DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
7. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (569kB) | Preview
[thumbnail of 8. DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
8. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (283kB) | Preview
[thumbnail of 9. DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
9. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (285kB) | Preview
[thumbnail of 10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (305kB) | Preview
[thumbnail of 11. BAB 1.pdf]
Preview
Text
11. BAB 1.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 15. BAB 5.pdf]
Preview
Text
15. BAB 5.pdf - Published Version

Download (634kB) | Preview
[thumbnail of 16. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (584kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan perangkat pembelajaran yang meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP Luring dan RPP Daring), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dan Bahan Ajar yang dikembangkan pada peserta didik kelas X TITL pada pembelajaran luring maupun daring terhadap materi Pekerjaan Dasar Elektromekanik (PDE). Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan ADDIE. Model pengembangan ADDIE terdiri dari lima langkah yaitu Analisis (Analysis), Perancangan (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Dalam penelitian ini, peneliti hanya melakukan sampai ke tahap pengembangan (Development) yaitu tahap validasi kelayakan perangkat pembelajaran karena kondisi pandemik Covid-19 saat ini.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket validasi kelayakan perangkat pembelajaran yang bertujuan untuk mengukur kelayakan dari setiap perangkat pembelajaran. Data penelitian dianalisis dan memperoleh hasil sebagai berikut: 1) Proses pengembangan perangkat pembelajaran dilakukan berdasarkan pengembangan model ADDIE yang terdiri dari 5 langkah yakni analisis (menganalisis perangkat pembelajaran yang digunakan), perancangan (membuat dan mendesain perangkat pembelajaran yang ingin dikembangkan), pengembangan (menyusun perangkat pembelajaran sesuai dengan desain yang telah dibuat yang kemudian divalidasi kelayakannya oleh tiga validator), 2) RPP Luring dinyatakan layak dengan rata-rata persentase 82,78%. RPP Daring dinyatakan layak dengan rata-rata persentase 76,67%. LKPD dinyatakan layak dengan rata-rata persentase 83%. Bahan Ajar dinyatakan layak dengan rata-rata persentase 79,34%. Perangkat Pembelajaran telah dinilai ‘layak’ dengan catatan dapat diuji cobakan dengan sedikit revisi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Perangkat Pembelajaran, Model Pengembangan ADDIE
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 27 Jul 2022 07:54
Last Modified: 27 Jul 2022 07:54
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46837

Actions (login required)

View Item
View Item