Saragih, Febry Giovano (2021) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika Kelas X TITL Sesuai Kurikulum 2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5163131012 COVER.pdf - Published Version
Download (484kB) | Preview
2. NIM. 5163131012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
3. NIM. 5163131012 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (556kB) | Preview
4. NIM. 5163131012 PREFACE.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
5. NIM. 5163131012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (730kB) | Preview
6. NIM. 5163131012 TABLES.pdf - Published Version
Download (455kB) | Preview
7. NIM. 5163131012 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (454kB) | Preview
8. NIM. 5163131012 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (455kB) | Preview
9. NIM. 5163131012 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
13. NIM. 5163131012 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (733kB) | Preview
14. NIM. 5163131012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan perangkat pembelajaran yang meliputi silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), bahan ajar, dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang dikembangkan pada peserta didik kelas X sesuai dengan kurikulum 2013 pada pembelajaran daring materi Dasar Listrik dan Elektronika (DLDE). Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan ADDIE. Model pengembangan ADDIE terdiri dari lima langkah yaitu Analisis (Analysis), Perancangan (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Pada penelitian ini, peneliti hanya melakukan sampai ke tahap pengembangan (Development) yaitu tahap kelayakan ahli. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar kelayakan perangkat pembelajaran yang bertujuan untuk mengukur kelayakan dari setiap perangkat pembelajaran. Tahap analisis dilaksanakan pada tanggal 26 oktober, tahap perancangan pada tanggal 19 November 2020 dan tahap pengembangan pada tanggal 27 januari 2021. Data penelitian dianalisis dan memperoleh hasil sebagai berikut: 1) Proses pengembangan perangkat pembelajaran dilakukan berdasarkan pengembangan model ADDIE yang terdiri dari 5 langkah yakni analisis (menganalisis kurikulum yang digunakan), perancangan (membuat dan mendesain perangkat pembelajaran), pengembangan (menyusun perangkat pembelajaran sesuai dengan model yang digunakan yang kemudian divalidkan oleh tiga validator), 2) Silabus dinyatakan layak dengan rata-rata nilai validitas sebesar 4,05 dan RPP dinyatakan layak dengan rata-rata total validitas sebesar 4,14. Sedangkan bahan ajar dinyatakan layak dengan rata-rata total validitas sebesar 4,03 dan LKPD dinyatakan layak dengan rata-rata total validitas sebesar 4,1. Perangkat Pembelajaran telah dinilai ‘layak’ dengan catatan dapat diuji cobakan dengan sedikit revisi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Perangkat Pembelajaran, Model Pengembangan ADDIE |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 27 Jul 2022 07:11 |
Last Modified: | 27 Jul 2022 07:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46827 |