Pendidikan Kimia 4.0

Firman, Harry (2021) Pendidikan Kimia 4.0. In: Prosiding Seminar Nasional Kimia & Pendidikan Kimia#2 - 2021, 11 Desember 2021, Medan.

[thumbnail of Article.pdf]
Preview
Text
Article.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah membawa dunia industri ke era revolusi industri 4.0. Paradigma pendidikan di era industri 4.0 perlu sesuai dengan tuntutan pengembangan kualitas SDM di era industri 4.0. Oleh sebab itu revolusi industri 4.0 mengimbas pada revolusi pendidikan menjadi pendidikan 4.0. Dalam pendidikan 4.0 peserta didik lebih berperan sebagai konektor, kreator, dan konstruktivis dalam memproduksi dan mengaplikasikan pengetahuan. Pendidikan kimia sebagai bagian integral dari proses pendidikan keseluruhan perlu muncul sebagai Pendidikan Kimia 4.0, yang mewujudkan keseimbangan antara ‘chemistry through education (CTE)’ dan ‘education through chemistry (ETC)’. Pendidikan Kimia 4.0 menuntut penguatan pada keterlibatan teknologi digital dalam keseluruhan proses pembelajaran kimia, baik sebagai sumber informasi maupun sarana bagi analisis data dan presentasi data hasil kerja laboratorium. Pendidikan Kimia 4.0 dapat diimplementasikan dengan menggunakan pembelajaran kimia berbasis STEM dan integrasi computational thinking (CT) dalam pembelajaran kimia

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: industri 4.0; pendidikan kimia 4.0; teknologi digital; STEM; computational thinking
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 27 Jul 2022 07:03
Last Modified: 01 Aug 2022 14:38
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46826

Actions (login required)

View Item
View Item