Firman, Harry (2021) Pendidikan Kimia 4.0. In: Prosiding Seminar Nasional Kimia & Pendidikan Kimia#2 - 2021, 11 Desember 2021, Medan.
Article.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
Abstract
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah membawa dunia industri ke era revolusi industri 4.0. Paradigma pendidikan di era industri 4.0 perlu sesuai dengan tuntutan pengembangan kualitas SDM di era industri 4.0. Oleh sebab itu revolusi industri 4.0 mengimbas pada revolusi pendidikan menjadi pendidikan 4.0. Dalam pendidikan 4.0 peserta didik lebih berperan sebagai konektor, kreator, dan konstruktivis dalam memproduksi dan mengaplikasikan pengetahuan. Pendidikan kimia sebagai bagian integral dari proses pendidikan keseluruhan perlu muncul sebagai Pendidikan Kimia 4.0, yang mewujudkan keseimbangan antara ‘chemistry through education (CTE)’ dan ‘education through chemistry (ETC)’. Pendidikan Kimia 4.0 menuntut penguatan pada keterlibatan teknologi digital dalam keseluruhan proses pembelajaran kimia, baik sebagai sumber informasi maupun sarana bagi analisis data dan presentasi data hasil kerja laboratorium. Pendidikan Kimia 4.0 dapat diimplementasikan dengan menggunakan pembelajaran kimia berbasis STEM dan integrasi computational thinking (CT) dalam pembelajaran kimia
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Keywords: | industri 4.0; pendidikan kimia 4.0; teknologi digital; STEM; computational thinking |
Subjects: | Q Science > QD Chemistry Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 27 Jul 2022 07:03 |
Last Modified: | 01 Aug 2022 14:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46826 |