Silaban, Emelia Desmawati (2021) trategi Pendampingan Belajar Anak Di Rumah Selama Masa Pandemi Covid-19 (Studi Analisis Pada Orangtua Yang Memiliki Anak Usia SD Di Kota Binjai). Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM_1172171010_COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM_1172171010_PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (584kB) | Preview
3.NIM_1172171010_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
4.NIM_1172171010_KATA PENGANTAR DAN UCAPAN TERIMAKASIH.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
5.NIM_1172171010_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
6.NIM-1172171010_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
7.NIM_1172171010_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8.NIM_1172171010_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9.NIM_1172171010_BAB I.pdf - Published Version
Download (400kB) | Preview
13.NIM_1172171010_BAB V.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
14.NIM_1172171010_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
Abstract
Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana strategi pendampingan belajar anak di rumah selama masa pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pendampingan belajar anak di rumah selama masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dengan kriteria yang ditetapkan dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 3 orang. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa strategi pendampingan anak belajar di rumah ada 5 yaitu: 1) Menyediakan fasilitas belajar 2) Mengawasi kegiatan belajar anak di rumah 3) Mengawasi penggunaan waktu belajar anak di rumah 4) Mengawasi kesulitan yang dihadapi anak dan 5) Menolong anak dalam mengatasi kesulitan belajar. Terkait dengan ke -5 strategi pendampingan belajar tersebut bahwa para orangtua telah melakukan pendampingan belajar secara aktif, meskipun masih didominasi oleh para ibu. Ibu berusaha bergabung dan memberikan pengajaran, pemantauan dan pengawasan di sela-sela kesibukannya mencari nafkah. Pendampingan orangtua dalam mempersiapkan belajar anak merupakan upaya orangtua untuk mendampingi, memberikan bantuan, dalam mengatasi masalah anak ketika belajar, memberikan dukungan, memberikan inspirasi, dorongan, pengawasan dan memberikan fasilitas kepada anak supaya anak tetap semangat belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-PLS-009 |
Keywords: | Strategi Pendampingan Belajar; Belajar Di Rumah; Covid-19 |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 27 Jul 2022 07:07 |
Last Modified: | 27 Jul 2022 07:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46810 |