Zanatiaz, Tri (2021) Pengembangan Bahan Ajar Modul Materi Teks Anekdot Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Tanjungbalai Tahun Pembelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 2173311078 COVER.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
2. NIM 2173311078 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (356kB) | Preview
3. NIM 2173311078 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
4. NIM 2173311078 PREFACE.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
5. NIM 2173311078 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (287kB) | Preview
6. NIM 2173311078 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
7. NIM 2173311078 LIST OF FIGURE.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
8. NIM 2173311078 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
9. NIM 2173311078 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (572kB) | Preview
13. NIM 2173311078 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
14. NIM 2173311078 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) mengembangkan bahan ajar modul materi teks anekdot siswa kelas X SMA, dan (2) mendeskripsikan kelayakan bahan ajar modul materi teks anekdot siswa kelas X SMA. Penelitian dan pengembangan ini mengacu pada 10 tahapan dari Borg and Gall yang disederhanakan menjadi 6 tahapan, yaitu analisis potensi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, dan uji coba produk. Bahan ajar modul materi teks anekdot yang dikembangkan, di validasi oleh dosen ahli materi Program studi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia universitas negeri medan dan dosen ahli desain merupakan dosen Jurusan seni rupa, fakultas bahasa dan seni universitas negeri medan. Uji coba produk dilaksanakan dengan responden siswa sebanyak 10 orang siswa kelas X IS 3 SMA Negeri 2 Tanjungbalai. Hasil penelitian ini telah menghasilkan produk berupa bahan ajar dengan materi teks anekdot berbentuk modul cetak. Yang dilengkapi gambar yang lebih menarik, petunjuk penggunaan modul, hingga uji formatif bagi siswa. Hasil yang didapat pada aspek isi/materi memperoleh skor rata-rata sebesar 3,65 dengan kategori “baik”, aspek penyajian memperoleh skor rata-rata 3,95 dengan kategori “baik”, bahasa 3,7, keagrafikan 3,6, evaluasi 4, realistik 3,6, dan uji terbatas siswa mendapat skor 4,23. Maka jika semua nilai tersebut diakumulasikan akan mendapat rata-rata 26,73 dan persentase 89% dengan kategori “sangat baik” . Maka bahan ajar Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Teks Anekdot Kelas X sangat layak digunakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Bahan ajar; Modul; Pengembangan; Teks Anekdot |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LT Textbooks P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 31 Aug 2022 06:06 |
Last Modified: | 31 Aug 2022 06:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46788 |