Tambunan, Dewi Sagita (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Canva Pada Tema 7 Subtema 1 Kelas 4 SD Negeri 064973 T.A 2021/2022”. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1183111130_COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
2. NIM. 1183111130_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
3. NIM. 1183111130_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
4. NIM. 1183111130_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
5. NIM. 1183111130_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
6. NIM. 1183111130_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
7. NIM. 1183111130_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
8. NIM. 1183111130_DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM. 1183111130_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
10. NIM. 1183111130_BAB I.pdf - Published Version
Download (441kB) | Preview
14. NIM. 1183111130_BAB V.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
15. NIM. 1183111130_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah minimnya penggunaan media berbasis teknologi, nilai UTS siswa banyak yang belum mencapai KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan dan efektivitas Media pembelajaran Menggunakan Canva.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Reseach and Devolpment) yang menggunakan model pengembangan ADDIE dengan 5 tahapan penelitian , yaitu tahap analisis (analysis), desain (design), evaluasi (evaluation). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 4 SDN 064973. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu intrumen wawancara guru, angket validasi materi dan media, angket praktisi pendidikan (guru) dan soal tes.
Hasil penelitian pengembangan dari Media Pembelajaran menggunakan aplikasi Canva pada tema 7 subtema 1 pembelajaran 1, menunjukkan hasil validasi oleh validator ahli materi mendapatkan skor 96 dengan hasil persentase 96% kategori “sangat layak”dan hasil validasi desain oleh validator ahli media memperoleh skor 90 dengan hasil persentase 90% kategori “sangat layak”. Uji praktikalitas oleh praktisi pendidika memperoleh hasil skor 96 dengan persentase 96 % kategori “Sangat Praktis”. Berdasarkan uji keefektifan Media Pembelajaran bahwa hasil dapat diketahui setelah menggunakan Media Pembelajaran dengan aplikasi Canva yang dikembangkan, nilai siswa meningkat dari awal sebelum menggunakan media pembelajarn dengan aplikasi canva siswa medapat nilai rata-rata 53,75 meningkat menjadi 88,57.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Pembelajaran; Aplikasi Canva; Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 1 |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 08 Aug 2022 01:58 |
Last Modified: | 08 Aug 2022 01:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46779 |