Novita, Sindi (2021) Analisis Piranti Kohesi Leksikal dan Gramatikal Pada Teks Persuasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Natal Tahun Pembelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 2172111027 COVER.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
2. NIM 2172111027 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (543kB) | Preview
3. NIM 2172111027 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
4. NIM 2172111027 PREFACE.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
5. NIM 2172111027 CONTENTS.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
6. NIM 2172111027 TABLES.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
7. NIM 2172111027 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
8. NIM 2172111027 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (508kB) | Preview
12. NIM 2172111027 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
13. NIM 2172111027 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan penanda kohesi leksikal dan gramatikal dalam teks persuasi siswa dan menganalisis kedominanan penggunaan kohesi dalam teks persuasi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Natal Tahun Pembelajaran 2020/2012. Metode yang digunakan pada penelitian ini berupa deskriptif kualitatif Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII dengan objek berupa teks persuasi siswa sebanyak 20 teks. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode baca dan teknik catat. Data yang dikumpulkan diidentifikasikan kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif menggunakan metode agih. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat penggunaan kohesi leksikal dan gramatikal pada teks persuasi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Natal tahun pembelajaran 2020/2021. Pertama, penggunaan kohesi leksikal dari 20 teks persuasi siswa tersebut sebanyak 68 data dari keseluruhan jenis kohesi leksikal diantaranya ada 26 repetisi, 18 jenis sinonim, 12 antonim, 9 penanda hiponim, 2 penanda kolokasi dan 1 penanda ekuivalensi. Kedua, penggunaan kohesi gramatikal dari 20 teks persuasi siswa tersebut sebanyak 120 data dari keseluruhan jenis kohesi gramatikal diantaranya, 90 konjungsi, 4 elipsis, 1 subtitusi, dan 26 referensi . Ketiga, Penggunaan kohesi leksikal dan gramatikal yang dominan dipakai siswa pada teks persuasi yaitu penggunaan piranti kohesi gramatikal pada jenis penanda konjungsi sebanyak 90 data atau 75% dengan rata – rata penggunaan kohesi sebesar 25,2% yang dikategorikan rendah atau tidak baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kohesi Leksikal; Gramatikal dan Teks Persuasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P326 Lexicology P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 29 Aug 2022 01:56 |
Last Modified: | 29 Aug 2022 01:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46743 |