Nasution, Ajizah Khalika (2022) Pengembangan Media Digital Puzzle Comik Cerita Bergambar Berbasis Problem Solving Di SD Negeri 060809 Medan Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi. Program Studi PGSD FIP UNIMED 2021. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1173311010_COVER.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
2. NIM. 1173311010_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
3. NIM. 1173311010_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
4. NIM. 1173311010_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
5. NIM. 1173311010_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
6. NIM. 1173311010_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM. 1173311010_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
8. NIM. 1173311010_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
9. NIM. 1173311010_BAB I.pdf - Published Version
Download (429kB) | Preview
13. NIM. 1173311010_BAB V.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
14. NIM. 1173311010_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
Abstract
Dengan tidak adanya aksesibilitas yang bervariasi dalam media
pembelajaran, hal ini menyebabkan sistem pembelajaran di kelas menjadi kurang
ideal, terbukti dengan tidak adanya minat siswa dalam mewujudkan, dimana siswa
merasa lelah saat mengikuti pembelajaran. Untuk mengubah pola belajarnya dari
tradisional menjadi pola belajar yang menumbuhkan imajinasi siswa sejak awal
melalui peningkatan iklim landasan inovatif sehingga membangkitkan minat
belajar pada siswa. Media yang sederhana yang dapat digunakan yaitu, seperti
buku komik, buku cerita bergambar, buku dongeng, dan belajar sambal bermain.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Reseach and
Development). Model pengembangan yang digunakan adalah model
pengembangan Borg and Gall. Teknik pengumpulan data yang digunakan
penelitian ini adalah wawancara, observasi dan angket penilaian kelayakan oleh
ahli desain, ahli materi, ahli bahasa, praktikalisasi oleh praktisi pendidikan, keefektifan oleh responden peserta didik, kelompok kecil.
Perolehan penelitian menunjukkan bahwa media digital puzzle comik cerita bergambar berbasis problem solving pada tema 4 subtema 1 pembelajaran 1 layak digunakan. Perolehan validasi ahli desain diperoleh bahwa persentase data kelayakan berjumlah 96%, Ahli materi dengan presentase kelayakan berjumlah 96%, Ahli bahasa dengan presentase kelayakan berjumlah 93,3%, Ahli praktisipendidikan dengan presentase kelayakan berjumlah 93,3%, Kelompok kecil dengan presentase kelayakan berjumlah 93,3%. Dari hasil validasi dapat disimpulkan bahwa media digital puzzle comik cerita bergambar berbasis problem solving yang dikembangkan secara keseluruhan termasuk dalam kualifikasi “sangat valid” dan dinyatakan “sangat layak” untuk digunakan dalam proses pembelajaran
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Digital; Puzzle; Comik Cerita Bergambar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 27 Jul 2022 09:10 |
Last Modified: | 27 Jul 2022 09:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46740 |