Daeli, Nikodemo (2015) PENGARUH GAYA MENGAJAR DAN KEMAMPUAN KOORDINASI TERHADAP HASIL BELAJAR SHOOTING BOLA BASKET SISWA SMA NEGERI 1 GUNUNGSITOLI. Masters thesis, UNIMED.
Judul Tesis.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
Lembar Pengesahan, Persetujuan, Plagiat.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
ABSTRACT & ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
BAB V Simpulan & Saran.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hasil belajar shooting bola basket siswa yang diajar dengan gaya mengajar inklusi lebih tinggi dibandingkan dengan gaya mengajar latihan, (2) hasil belajar shooting bola basket siswa yang memiliki koordinasi mata tangan tinggi lebih tinggi dibandingkan dengan koordinasi mata tangan rendah, (3) terdapat interaksi antara gaya mengajar dengan koordinasi mata tangan terhadap hasil belajar shooting bola basket siswa.
Populasi penelitian ini adalah siswa putera kelas XI SMA Negeri 1 Gunungsitoli yang berjumlah 145 orang. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan simple random sampling. Sampel penelitian terdiri dari 67 orang. Data dikumpulkan dengan cara tes dan pengukuran di lapangan. Instrumen yang digunakan untuk mengukur koordinasi mata tangan adalah wall pass test dan untuk mengukur hasil belajar shooting bola basket adalah speed spot shooting test. Metode penelitian yang digunakan adalan metode eksperimen dengan desain faktorial 2x2, sedangkan teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalur pada taraf signifikansi α = 0,05.
Hasil penelitian diperoleh: (1) hasil belajar shooting bola basket siswa yang diajar dengan gaya mengajar inklusi lebih tinggi dibandingkan dengan gaya mengajar latihan (Fhitung = 7,95 > Ftabel = 3,99), (2) hasil belajar shooting bola basket siswa yang memiliki koordinasi mata tangan tinggi lebih tinggi dibandingkan dengan koordinasi mata tangan rendah (Fhitung = 7,31 > Ftabel = 3,99), (3) terdapat interaksi antara gaya mengajar dengan koordinasi mata tangan terhadap hasil belajar shooting bola basket siswa (Fhitung = 123,95 > Ftabel = 3,99). Dari hasil analisis data disimpulkan bahwa penggunaan gaya mengajar inklusi lebih tepat digunakan bagi siswa yang memiliki koordinasi mata tangan tinggi dan gaya mengajar latihan lebih tepat digunakan bagi siswa yang memiliki koordinasi mata tangan rendah.
Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi para guru Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan untuk mengembangkan dan memilih gaya mengajar yang sesuai dengan karakteristik siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.86 Dae p |
Keywords: | Hasil belajar; Shooting bola basket; Gaya mengajar; Hakikat koordinasi |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 26 Apr 2016 07:45 |
Last Modified: | 03 May 2016 23:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4674 |