Analisis Nilai Karakter pada Buku Siswa Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas X

Riskina (2021) Analisis Nilai Karakter pada Buku Siswa Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas X. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM 2143111048 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 2143111048 COVER.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 2143111048 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 2143111048 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (633kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 2143111048 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 2143111048 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 2143111048 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 2143111048 PREFACE.pdf - Published Version

Download (443kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 2143111048 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 2143111048 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (74kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 2143111048  LIST OF TABLE.pdf]
Preview
Text
6. NIM 2143111048 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 2141210013  APPENDICES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 2141210013 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 2143111048 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM 2143111048 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (564kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM 2143111048 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM 2143111048 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 2143111048 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM 2143111048 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (385kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai karakter pada buku siswa bahasa Indonesia Kurikulum 2012 kelas X. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif yaitu untuk mendeskripsikan data penelitian dengan apa adanya. Penelitian ini difokuskan kepada ketujuh nilai karakter yang menjadi dasar penelitian ini yaitu karakter religius, jujur, toleransi, disiplin, mandiri, peduli sosial dan tanggung jawab. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan teknik observasi, studi pustaka serta mencatat nilai-nilai karakter pada buku teks bahasa Indonesia kelas X kurikulum 2013. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif, yaitu mendeskripsikan nilai karakter pada buku teks bahasa Indonesia kurikulum 2013 dengan cara dilakukan teknik baca catat untuk menentukan nilai karakter, kemudian dianalisis isinya hingga akhirnya dibuatlah rancangan perolehan data. Hasil penelitian ini sebagai berikut. (1) ditemukan ketujuh nilai karakter yaitu karakter religius, jujur, toleransi, disiplin, mandiri, peduli sosial dan tanggung jawab pada buku teks bahasa Indonesia di setiap bab; (2) Terdapat empat puluh satu teks dari delapan bab yang ada pada buku teks bahasa Indonesia kelas X SMA terbitan kementerian pendidikan dan kebudayaan edisi revisi 2016; (3) Dari empat puluh satu teks hanya dua pulih tiga teks yang memuat nilai karakter dan delapan belas teks lainnya tidak memuat nilai karakter; (4) Kemudian hasil data penelitian menunjukkan bahwa total kemunculan nilai karakter pada buku siswa bahasa Indonesia kelas X SMA edisi revisi 2016 yaitu religius 14, jujur 7, toleransi 6, disiplin 2, mandiri 4, peduli sosial 11, tanggung jawab 13 nilai karakter.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: karakter; buku; bahasa indonesia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3045 Textbooks
L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 19 Aug 2022 07:18
Last Modified: 19 Aug 2022 07:18
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46736

Actions (login required)

View Item
View Item