Sitorus, Putri Agnes (2021) Analisis Efektivitas Pelaksanaan Belajar dari Rumah (BDR) Selama Pandemi Covid-19 pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP Negeri 4 Tanjung Morawa. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 2173311055 COVER.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
2. NIM 2173311055 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (429kB) | Preview
3 .NIM. 2173311055 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
4. NIM. 2173311055 PREFACE.pdf - Published Version
Download (354kB) | Preview
5. NIM. 2173311055 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
6. NIM. 2173311055 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (298kB) | Preview
7. NIM. 2173311055 LIST OF FIGURE.pdf - Published Version
Download (306kB) | Preview
8. NIM. 2173311055 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
9. NIM. 2173311055 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (610kB) | Preview
13. NIM. 2173311055 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
14. NIM. 2173311055 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisis efektivitas pelaksanaan Belajar dari Rumah (BDR) selama pandemi covid-19 pada mata pelajaran bahasa indonesia kelas VIII SMP Negeri 4 Tanjung Morawa. Sumber data penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia dan tiga siswa kelas VIII-A. metode penelitian ini adalah deskriptif dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh menggunakan analisis data model dari Miles dan Huberman bahwa Siswa masih belum bisa menyesuaikan diri dengan system pelaksanaan belajar dari rumah salah satu faktor penyebabnya adalah siswa kesulitan untuk berkonsentrasi pada saat mengerjakan tugas yang diberikan guru. Salah satu faktor siswa sulit berkonsentrasi karena tidak adanya peran orang tua dalam mengawasi atau mendampingi anaknya belajar serta tidak menciptakan kondisi belajar yang nyaman dan menyenangkan untuk itu siswa jadi sulit untuk berkonsentrasi dalam pembelajaran. dan Siswa tidak hanya mengerjakan pekerjaan rumah tanpa mengetahui penjelasan materi yang diberikan, ada beberapa tugas yang diberikan kepada siswa tidak diperjelas materinya dikarenakan materi tersebut sudah pernah di jelaskan oleh guru sebelumnya ketika materi belum pernah dijelaskan maka guru akan mencari materi dari youtube dan membagikan link kepada siswa sehingga siswa bisa melihat dan mengetahui materinya dan bisa mengerjakan tugas yang diberikan guru tersebut.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Covid-19; Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia; Pelaksanaan Belajar dari Rumah (BDR) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA643 Disease (Communicable and noninfectious) and public health |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 18 Aug 2022 01:59 |
Last Modified: | 18 Aug 2022 01:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46702 |