PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN TIPE KEPRIBADIAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA SD ST. ANTONIUS MEDAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Sitanggang, Junianto Fransisco (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN TIPE KEPRIBADIAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA SD ST. ANTONIUS MEDAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8126121023 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8126121023 COVER.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8126121023 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8126121023 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (226kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8126121023 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8126121023 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8126121023 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8126121023 PREFACE.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8126121023 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8126121023 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8126121023 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8126121023 TABLES.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8126121023 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8126121023 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8126121023 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8126121023 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8126121023 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8126121023 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8126121023 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8126121023 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8126121023 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8126121023 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan model pembelajaran Ekspositori, (2) perbedaan hasil belajar IPA siswa yang memiliki tipe kepribadian ekstrovert dan siswa yang memiliki tipe kepribadian introvert, (3) interaksi antara model pembelajaran kooperatif dan tipe kepribadian dalam mempengaruhi hasil belajar ipa siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 90 orang yang berasal dari 3 kelas. Sedangkan sampel berjumlah 60 orang yang diambil dari 2 kelas dengan menggunakan Cluster Random Sampling. Sebelum perlakuan diberikan terlebih dahulu sampel penelitian diberikan tes tipe kepribadian untuk membedakan tipe kepribadian yang dimiliki oleh siswa. Tes hasil belajar yang digunakan terlebih dahulu diuji cobakan untuk mengetahui tingkat validitas tes dan reliabilitas tes. Hasil yang diperoleh dari 36 soal yang diujikan, sebanyak 36 soal yang memenuhi persyaratan. Statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif untuk menyajikan data dan statistik inferensial. Hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan Anava 2 jalur yang sebelumnya terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis data yaitu uji normalitas dengan uji Lilliforss dan uji homogenitas varians dengan uji F dan uji Barltlett.
Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar ipa siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik dengan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran eksposiotori. Hal ini ditunjukkan oleh Fhitung = 32,15 > Ftabel = 4,02 pada taraf signifikan α = 0,05; (2) siswa yang memiliki tipe kepribadian ekstrovert memperoleh hasil belajar ipa lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki tipe kepribadian introvert dalam mempengaruhi hasil belajar ipa siswa. Hal ini ditunjukkan oleh Fhitung = 11,67 > Ftabel = 4,02 pada taraf signifikan α = 0,05; (3) adanya interaksi antara model pembelajaran kooperatif dan tipe kepribadian siswa terhadap hasil belajar ipa . Hal ini ditunjukkan oleh Fhitung = 4,77 > Ftabel = 4,02 pada taraf signifikan α = 0,05.
Hasil penelitian ini dapat bermanfaat untuk guru dalam mengaplikasikan model pembelajaran kooperatif yang tepat sesuai dengan tujuan pembelajaran. Disarankan agar guru mempergunakan model pembelajaran bervariasi dan memberikan perhatian kepada bahan belajar dan tipe kepribadian siswa sebab kedua-duanya mempengaruhi hasil belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.357 Sit p
Keywords: Hasil belajar IPA; Model pembelajaran; Student achievement division; Tipe kepribadian
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 26 Apr 2016 07:32
Last Modified: 26 Apr 2016 07:32
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4670

Actions (login required)

View Item
View Item