Harahap, Nurul Fitri (2021) Kontribusi Penguasaan Struktur dan kaidah Kebahasaan terhadap Kemampuan Menulis Teks Narasi (Cerita Imajinasi) pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Medan Tahun Pembelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 2171111027 COVER.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
2. NIM. 2163111013 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (310kB) | Preview
3. NIM 2171111027 ABSTRACK.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
4. NIM 2171111027 PREFACE.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
5. NIM 2171111027 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
6. NIM 2171111027 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
7. NIM 2171111027 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM 2171111027 CHAPTE I.pdf - Published Version
Download (430kB) | Preview
12. NIM 2171111027 CHAPTE V.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
13. NIM 2171111027 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini ialah (1)untuk mengetahui penguasaan struktur dan kaidah kebahasaan teks narasi (cerita imajinasi) pada siswa kelas VII SMP Negeri 4 Medan, (2) untuk mengetahui kemampuan menulis teks narasi (cerita imajinasi) siswa kelas VII SMP Negeri 4 Medan,(3) untuk mengetahui kontribusi penguasaan struktur dan kaidah kebahasaan terhadap kemampuan menulis teks narasi (cerita imajinasi) pada siswa kelas VII SMP Negeri 4 Medan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 4 Medan tahun pembelajaran 2020/2021 dengan jumlah populasi 350 siswa dan sampel 35 siswa. Penelitian ini terdiri atas tiga variabel yaitu (1) penguasaan struktur teks narasi, (2) penguasaan kaidah kebahasaan teks narasi, dan (3) kemampuan menulis teks narasi. Penelitian ini merupakan penelitian sebab akibat. Analisis pada penelitian ini menggunakan analisis korelasi product moment dan analisis regresi berganda.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penguasaan struktur teks narasi siswa kelas VII SMP Negeri 4 Medan tahun pembelajaran 2020-2021 masih rendah. Penguasaan kaidah kebahasaan teks narasi siswa kelas VII SMP Negeri 4 Medan tahun pembelajaran 2020/2021 juga masih rendah. Adapun kontribusi penguasaan struktur dan kaidah kebahasaan terhadap kemampuan menulis teks narasi siswa kelas VII SMP Negeri 4 Medan tahun pembelajaran 2020-2021 yaitu sebesar 0,4966 atau 49,66% yang berarti penguasaan struktur teks narasi (X1) dan penguasaan kaidah kebahasaan teks narasi (X2) memberikan kontribusi terhadap kemampuan menulis teks narasi (Y) sebesar 49,66% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Struktur teks narasi; kaidah kebahasaan teks narasi; kemampuan menulis teks narasi; kontribusi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 18 Aug 2022 01:58 |
Last Modified: | 18 Aug 2022 01:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46699 |