Veronika, Ayu Liani (2021) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS STEAM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ART, AND MATHEMATICS) DENGAN VIDEO PEMBELAJARAN PADA SUB MATERI DAUR ULANG LIMBAH PLASTIK DI KELAS X MIPA SMA SWASTA LAKSAMANA MARTADINATA MEDAN T.A 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4172141020 COVER.pdf - Published Version
Download (25kB) | Preview
2. NIM. 4172141020 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
3. NIM. 4172141020 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (25kB) | Preview
4. NIM. 4172141020 PREFACE.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
5. NIM. 4172141020 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM. 4172141020 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
13. NIM. 4172141020 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
14. NIM. 4172141020 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Art and Mathematics) dengan Video Pembelajaran pada materi Daur Ulang Limbah Plastik dan mengetahui tingkat kelayakan LKPD serta mengetahui tanggapan guru dan siswa terhadap LKPD. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan. Perancangan LKPD dilakukan dengan menggunakan desain pengembangan instruksional model 4-D yaitu melalui tahap define, design, develop, dan disseminate yang dibatasi sampai tahap uji coba kelompok terbatas. Sampel penelitian adalah siswa kelas X M IA SMA Swasta Laksamana Martadinata Medan yaitu penilaian perorangan sebanyak 3 orang, penilaian kelompok kecil sebanyak 9 orang dan penilaian kelompok terbatas adalah siswa kelas X MIA 1 sebanyak 30 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen berupa lembar uji kelayakan yang dilakukan terhadap ahli materi, ahli pembelajaran, ahli desain serta lembar tanggapan guru biologi dan tanggapan siswa. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penilaian LKPD oleh Ahli Materi menunjukkan persentase rata-rata 91% dengan kriteria sangat layak, Ahli Pembelajaran 94% dengan kriteria sangat layak, dan Ahli Desain 94% dengan kriteria sangat layak. Hasil tanggapan guru biologi diperoleh persentase rata-rata 97,70 % dengan kriteria sangat layak dan hasil tanggapan siswa diperoleh persentase rata-rata 94,86% kriteria penilaian baik. Hasil dari penggunaan LKPD berbasis STEAM diperoleh ketuntasan belajar klasikal siswa diperoleh skor rata-rata 86,66% dengan jumlah peserta didik yang tuntas sebanyak 26 orang. Sehingga secara keseluruhan LKPD berbasis STEAM dengan video pembelajaran materi Daur Ulang Limbah Plastik sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran biologi pada materi Daur Ulang Limbah Plastik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2021 BIO 149 |
Keywords: | Perangkat pembelajaran; Lembar kerja peserta didik; Daur ulang; Limbah plastik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 25 Jul 2022 04:45 |
Last Modified: | 25 Jul 2022 04:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46685 |