Sitepu, Arta Dinata (2015) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN BAKAT TEKNIK TERHADAP HASIL BELAJAR DASAR DAN PENGUKURAN LISTRIK SISWA KELAS X SMK DI KOTA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8136122005 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM. 8136122005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (329kB) | Preview
3. NIM. 8136122005 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
4. NIM. 8136122005 PREFACE.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
5. NIM. 8136122005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
6. NIM. 8136122005 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
7. NIM. 8136122005 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM. 8136122005 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
9. NIM. 8136122005 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
13. NIM. 8136122005 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
14. NIM. 8136122005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui hasil belajar Dasar Dan Pengukuran Listrik siswa yang dibelajarkan dengan Strategi Pembelajaran Kontekstual dan hasil belajar Dasar Dan Pengukuran Listrik siswa yang dibelajarkan dengan Strategi Pembelajarn Ekspositori. (2) Mengetahui hasil belajar Dasar Dan Pengukuran Listrik siswa yang memiliki tingkat bakat tinggi dan siswa yang memiliki bakat teknik rendah. (3) Mengetahui interaksi antara strategi pembelajaran dan bakat teknik siswa terhadap hasil belajar Dasar Dan Pengukuran Listrik. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X SMK Negeri 2 Medan terdiri dari lima kelas (XTPTL1 – XTPTL5) dan siswa kelas X SMK Negeri 13 Medan yang terdiri dari dua kelas (XTPTL1 – XTPTL2). Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik sampel kelompok secara undi (Cluster Random Sampling). Sampel penelitian ini dipilih kelas XTPTL2 (30 orang) yang akan menggunakan strategi pembelajaran kontekstual pada SMK Negeri 2 Medan dan kelas XTPTL1 (30 orang) yang akan menggunakan strategi pembelajaran ekspositori pada SMK Negeri 13 Medan. Instrument penelitian untuk mengukur hasil belajar digunakan tes berbentuk pilihan berganda begitu juga untuk mendapatkan data tentang bakat teknik siswa digunakan tes bakat teknik. Uji normalitas dengan uji liliefors sedangkan uji homogenitas dengan uji Fisher untuk dua kelompok sampel dan uji Bartlett untuk empat kelompok sampel. Teknik analisis data adalah Anava dua jalur pada taraf signifikan 0,05 yang dilanjutkan dengan uji scheffe. Hasil penelitian adalah : (1) rata – rata hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran kontekstual X ̅ = 19,4 lebih tinggi daripada rata – rata hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori X ̅ = 16,9 dengan Fhitung = 9,99 > Ftabel = 4,02, (2) rata – rata hasil belajar siswa dengan memiliki bakat teknik tinggi X ̅ = 19,9 lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang memiliki bakat teknik rendah X ̅ = 16,1 dengan Fhitung = 28,62 > Ftabel = 4,02 dan (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan bakat teknik terhadap hasil belajar Dasar Dan Pengukuran Listrik dengan Fhitung = 4,29 > Ftabel = 4,02.
Berdasarkan hasil analisis data yang disimpulkan bahwa strategi pembelajaran yang tepat digunakan pada siswa dengan karakteristik bakat teknik tinggi adalah strategi pembelajaran kotenkstual sedangkan siswa dengan tingkat bakat tekniknya rendah, maka strategi pembelajaran yang tepat digunakan adalah strategi pembelajaran ekspositori. Implikasi dari penelitian ini secara khusus ditujukan kepada guru Dasar Dan Pengukuran Listrik yaitu dalam penerapan strategi pembelajaran memperhatikan karakteristik siswa khususnya karakteristik bakat teknik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 373.246 Sit p |
Keywords: | Hasil belajar; Strategi pembelajaran; Pengukuran listrik; Pembelajaran kontekstual; Pembelajaran ekspositori |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance Q Science > QC Physics > QC501 Electricity |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 26 Apr 2016 07:28 |
Last Modified: | 26 Apr 2016 07:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4668 |