Nasution, Ihda (2021) Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Intrinsik Siswa Melalui Penerapan Layanan Informasi Dengan Menggunakan Media Permainan Ular Tangga Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri Satu Atap Kota Tanjungbalai. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1163151020_COVER.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
2. NIM. 1163151020_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (323kB) | Preview
3. NIM. 1163151020_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
4. NIM. 1163151020_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
5. NIM. 1163151020_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
6. NIM. 1163151020_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 1163151020_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 1163151020_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9. NIM. 1163151020_BAB I.pdf - Published Version
Download (566kB) | Preview
13. NIM. 1163151020_BAB V.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
14. NIM. 1163151020_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar intrinsik siswa kelas VIII di SMP Negeri Satu Atap Tanjungbalai dengan menerapkan layanan informasi menggunakan media permainan ular tangga. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April hingga Mei Tahun 2021. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri Satu Atap Tanjungbalai yang memiliki motivasi belajar intrinsik dalam kategori rendah dan sedang yaitu berjumlah 27 siswa. Sedangkan objek yang diteliti adalah motivasi belajar intrinsik siswa kelas VIII SMP Negeri Satu Atap Tanjungbalai. Data penelitian dikumpulkan melalui angket motivasi belajar intrinsik dan pedoman observasi. Hasil perolehan perhitungan rata-rata kelas pra siklus adalah 60.67 meningkat menjadi rata-rata kelas 70.41 kategori baik setelah diberikan tindakan pada siklus I. Kemudian dilaksanakan tindakan layanan informasi menggunakan media permainan ular tangga pada siklus II dan memperoleh rata-rata kelas 76.52 kategori baik. Rata-rata kelas yang diperoleh pada siklus II menunjukkan bahwa keberhasilan penelitian tindakan ini dinyatakan berhasil karena telah mencapai indikator keberhasilan yakni ≥75 dalam kategori minimal baik. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan layanan informasi media permainan ular tangga dapat meningkatkan motivasi belajar intrinsik siswa kelas VIII SMP Negeri Satu Tanjungbalai Tahun Ajaran 2020/2021.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-BK-026 |
Keywords: | Layanan Informasi; Media Perainan Ular Tangga; Motivasi Belajar Intrinsik |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 25 Jul 2022 08:17 |
Last Modified: | 25 Jul 2022 08:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46665 |