Lumban Gaol, Esra Satria Hamonangan (2021) Perkembangan Stasiun Kereta Api Bangun Purba (1904-1970). Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3171121008 COVER.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
2. NIM. 3171121008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
3. NIM. 3171121008 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
4. NIM. 3171121008 PREFACE.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
5. NIM. 3171121008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
6. NIM. 3171121008 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
7. NIM. 3171121008 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (305kB) | Preview
11. NIM. 3171121008 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (298kB) | Preview
13. NIM. 3171121008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (279kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah 1). Untuk menjelaskan Sejarah berdirinya Stasiun Kereta Api Bangun Purba, 2). Untuk menjelaskan perkembangan Stasiun Kereta Api Bangun Purba (1904-1970), 3). Untuk menjelaskan Dampak Stasiun Kereta Api Bangun Purba. Metode penelitian nya menggunakan metode penelitian sejarah dengan tahapan Heuristik, Verifikasi, Interpretasi, Historiografi. Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, Studi Kepustakaan, Wawancara, Studi Dokumen. Teknik analisis data dengan menggunakan pendekatan Diakronis yang menjelaskan sejarah secara detail dari kronologis latar belakang pembangunan sampai perkembangannya. Lokasi dan waktu penelitian ini dilakukan pada tanggal 24 Maret 2021 – 10 Mei 2021 di eks Stasiun Kereta Api Bangun Purba dan di beberapa perpustakaan. Hasil penelitian menunjukkan 1). Stasiun KA Bangun Purba diresmikan pada tanggal 10 April 1904 di masa direktur DSM yakni M Tromp, Stasiun KA Bangun Purba di bangun berdasarkan untuk mendukung distribusi dari aktivitas perkebunan komoditi karet dan kopi yang ada pada saat itu di wilayah Bangun Purba. 2). Semenjak peresmiannya di tahun 1904 hingga 1930an tidak mengalami adanya perkembangan. Akan tetapi di tahun 1930an perombakan secara menyeluruh banyak terlihat mulai dari arsitektur, fasilitas dan lain sebagainya. 3). Dampak dari keberadaan Stasiun Kereta Api Bangun Purba bagi pengusaha perkebunan swasta yakni mempermudah distribusi hasil perkebunan, Bagi Pemerintah Hindia Belanda adalah keuntungan dari hasil retribusi, bagi masyarakat Stasiun Bangun Purba menghasilkan multietnis dan terbukanya kesempatan untuk bekerja.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-SJRH-002 |
Keywords: | Perkembangan; Stasiun KA Bangun Purba; Sejarah; Dampak |
Subjects: | D History General and Old World > D History (General) H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 22 Jul 2022 08:51 |
Last Modified: | 22 Jul 2022 08:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46643 |